Gaya Hidup yang Menghancurkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika anda sering merasa sakit, hal tersebut bisa menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh anda sangat lemah. Jika anda mudah drop karena hal-hal kecil, maka bisa jadi faktor gaya hidup yang anda jalani merupakan dalang dibalik hal tersebut. Tidak salah lagi, ada banyak faktor gaya hidup yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan anda sehari-hari berkontribusi cukup besar terhadap kesehatan baik secara negatif maupun positif.
Gaya Hidup yang Menghancurkan Sistem Kekebalan Tubuh
Gaya Hidup yang Menghancurkan Sistem Kekebalan Tubuh. /Dok. edited dari thesleuthjournal.com

Jadi, kegiatan-kegiatan sepele seperti beristirahat dan tidur dalam jumlah yang cukup akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan. Begitu juga dengan tingkat stres yang anda alami setiap hari. Apabila stres beras, kemungkinan besar kekebalan tubuh akan jauh menurun.

Faktor gaya hidup yang mempengaruhi kekebalan tubuh

Ketika sistem kekebalan tubuh kita kuat, tubuh akan mampu melawan berbagai infeksi dan serangan dari virus, bakteri, maupun jamur. Namun saat imun tubuh melemah, kemungkinan besar kita harus meminta bantuan dokter.


Agar bisa tetap sehat dan bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan baik dan hidup lebih lama atau awet muda, anda juga harus tau mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi mutu kesehatan anda. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Obesitas

Dalam banyak penelitian ditemukan bahwa obesitas secara langsung mengganggu produksi sel darah putih sehingga kekebalan tubuh juga ikut terganggu. Penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga jika anda mengalami obesitas untuk mengurangi risiko komplikasi kesehatan

Gaya hidup yang membosankan

Gaya hidup yang monoton atau membosankan bisa mempengaruhi sistem peredaran darah di dalam tubuh. Pada gilirannya, hal tersebut akan mempengaruhi kekebalan tubuh. Untuk membuat hidup lebih berwarna, anda dianjurkan melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga, berlibur atau menyalurkan hobi.

Kurang beristirahat

Kurang beristirahat, termasuk juga kurang tidur atau tidak memiliki tidur yang berkualitas, akan membuat tubuh menjadi lemah. Tidak hanya itu, kurang tidur dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah yang kemudian menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Tidak menjaga kebersihan

Kebersihan mungkin tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda secara langsung, tetapi menjaga kebersihan bisa mencegah penyakit dan infeksi disebabkan mikroba. Jika Anda tidak menjaga kebersihan, anda hanya akan memperberat tugas dari sistem kekebalan tubuh, karena kebiasaan anda dapat mengundang mikroba berbahaya ke dalam tubuh. Pada titik tertentu, mikroba ini dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan penyakit atau infeksi.

Makanan dan minuman manis

Makanan maupun minuman manis yang memiliki zat aditif,mereka bisa menurunkan kekebalan tubuh. Jadi, cobalah untuk meninggalkan makanan-makanan manis yang membuat anda ketagihan termasuk juga junk food.

Tertekan dan kesepian

Ini merupakan fakta dimana hidup seseorang yang kesepian dan sering tertekan dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk tetap mempertahankan kehidupan sosial yang baik dengan sering bersilaturahmi atau berkumpul bersama teman. Gaya hidup modern yang lebih memprioritaskan gadget membuat hal tersebut semakin sulit.

Obat-obatan

Obat-obatan, terutama antibiotik bisa mempengaruhi efisiensi sistem kekebalan tubuh.Jadi, sebisa mungkin hindarilah obat-obatan dan gunakanlah berbagai jenis herbal untuk mengobati berbagai penyakit yang anda miliki.

Hindari rokok

Jika kita melihat iklan, sudah pasti yang ditampilkan adalah orang-orang gagah dengan berbagai kelebihannya. Namun pada kenyataannya, seorang perokok memiliki nafas yang bau, batuk-batukan, sakit-sakitan bahkan tertekan dan mudah stres. Tidak hanya itu, kebiasaan merokok menyebabkan perkembangan tubuh menurun dan rentan terhadap berbagai penyakit.


Mengkonsumsi minuman beralkohol

Efek dari konsumsi alkohol dapat menghancurkan sel-sel antibodi tubuh yang diperlukan untuk melawan sel yang terinfeksi oleh virus. Minuman beralkohol merusak jaringan lunak yang ada di dalam rongga mulut, seputar tenggorokan, dan di dalam sistem pencernaan (di dalam perut). Organ tubuh manusia yang paling rawan akibat minuman beralkohol adalah hati atau lever

Demikian beberapa gaya hidup yang harus kita hindari, jika ingin memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang baik. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *