Cara Terbaik Menenangkan Diri Saat Stres

Sebagian besar dari kita bisa sangat cepat kehilangan kesabaran terutama saat sedang stres. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, serta banyaknya tekanan dan persaingan yang luar biasa ketat.
Cara Terbaik Menenangkan Diri Saat Stres
Cara Terbaik Menenangkan Diri Saat Stres Berat. /Dok. Edited dari health.harvard.edu

Hal tersebut bisa membuat kita kehilangan kontrol ketika kita diuji melampaui batas. Jadi, bagaimana cara terbaik untuk menenangkan diri pada saat kita stres atau emosi?

Ada beberapa cara terbaik namun tetap sederhana untuk menenangkan diri agar suasana hati menjadi lebih baik. Dan cara pertama adalah dengan menyadari bahwa stres maupun emosi (kemarahan), sangat buruk bagi kesehatan.


Dalam jangka panjang, emosi negatif bisa menyebabkan kondisi kesehatan memburuk dan tentu saja emosi positif bisa mencegah gangguan tersebut. Pernyataan tersebut bukan omong kosong belaka melainkan sudah didukung oleh beberapa penelitian.

Cara terbaik menenangkan diri saat stres

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda coba dalam menenangkan diri pada saat stres.

Tips pertama
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghindari sumber masalah, atau keluarlah dari ruangan di mana anda sedang berkonfrontasi.
Jika ada seseorang yang membuat anda marah, menjauh darinya untuk sementara waktu hingga kondisi hati anda lebih baik.

Tips kedua
Segera ambil nafas dalam-dalam kemudian tahan dan keluarkan secara perlahan. Metode ini akan membantu anda mendapatkan lebih banyak oksigen sehingga pikiran bisa lebih jernih. Lakukan sebanyak 5 hingga 6 kali dan jangan lupa memenuhi paru-paru anda dengan oksigen agar pikiran jernih dan positif.

Tips ketiga
Dengarkan musik favorit anda karena biasanya musik bisa membuat suasana hati kita berubah. Beberapa musik ceria akan membangun mood yang baik, sehingga layak untuk dicoba.

Tips keempat
Untuk melupakan masalah, anda bisa pergi ke tempat-tempat yang sepi dimana anda bisa menenangkan diri, berteriak, menangis atau untuk meluapkan emosi.

Tips kelima
Cobalah untuk tersenyum beberapa waktu.Tips kelima ini memang sedikit sulit namun tersenyum bisa membantu mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Tips keenam
Bahkan, apabila kita menutup mata, berbagai gangguan yang ada di dalam diri kita bisa kembali normal. Jadi, apabila anda stres, cobalah luangkan waktu sejenak untuk menutup mata dan berkonsentrasi.

Tips ketujuh
Ambil waktu sejenak untuk berjalan-jalan agar tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat perasaan menjadi lebih menyenangkan.
Berjalan-jalan ditempat yang tenang seperti di taman akan membantu anda mengendalikan diri dan menghilangkan perasaan, atau stress.


Tips kedelapan
Sesaat apabila anda mengalami stres atau emosi, jangan lupa menyambar botol air minum atau segelas air putih untuk di tegak. Air putih bisa menurunkan stres dan kemarahan dan bisa membuat anda mengontrol emosi.

Tips kesembilan
Sholat merupakan ibadah yang bisa menenangkan hati, penangkal dan penawar berbagai penyakit hati yang bersarang di dalam dada manusia. Sholat merupakan aktivitas komunikasi langsung dengan Allah yang menggenggam dan menguasai segala hati, yang menciptakan penyakit dan yang menyembuhkannya tanpa rasa sakit.

Jadi, untuk cara menenangkan hati adalah dengan bersabar, berpikir positif, berdzikir mengingat Allah, dan sholat. Karena semua itu adalah solusi segala persoalan, termasuk masalah penyakit hati seperti rasa gelisah, resah, gundah, gulana, galau dan lain sebagainya.

Baca juga:
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Stress Mempengaruhi Kesehatan
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Cara Memberikan Pertolongan Pertama yang Harus Anda Ketahui

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *