Cara Memberikan Pertolongan Pertama Yang Harus Anda Ketahui

Kita tidak ingin terluka dan mendapatkan musibah berupa kecelakaan atau yang lainnya. Namun hal tersebut merupakan takdir dan rahasia Tuhan dimana kita tidak pernah tau kapan kita terluka atau mendapatkan kecelakaan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa keahlian khusus yang bisa bermanfaat untuk memberikan pertolongan pertama kepada diri sendiri maupun orang yang mengalami musibah.
Ketahui apa yang perlu dilakukan saat pertolongan pertama, cari bantuan dan saran medis segera mungkin dengan kondisi yang semakin parah
Ketahui apa yang perlu dilakukan saat pertolongan pertama, cari bantuan dan saran medis segera mungkin dengan kondisi yang semakin parah. /Dok. Edited dari sayfc.org

Di dalam artikel ini, anda juga akan mempelajari beberapa tips singkat mengenai cara memberikan pertolongan pertama dalam keadaan darurat atau dalam keadaan apapun.

Untuk pengobatan tertentu, kita tidak hanya harus bergantung pada apa-apa yang dijual di Apotik, melainkan juga kita bisa memanfaatkan beberapa bahan yang tersedia di sekitar kita untuk dijadikan sebagai solusi tepat mengatasi berbagai macam luka.


Berikut adalah beberapa tips memberikan pertolongan pertama.

Mengatasi orang Pingsan dan tidak bernapas

Apabila anda menemukan kasus seperti ini, anda harus membaringkan orang tersebut dengan wajah menghadap ke langit kemudian berikan pukulan ditengah dada untuk membantu jantung memompa darah. Ini merupakan pertolongan pertama jika seseorang tiba-tiba berhenti bernafas atau denyut jantungnya menghilang karena kecelakaan, tenggelam atau yang lainnya.

Pertolongan pertama saat tersedak

Apabila seseorang terbiasa untuk tertawa atau berbicara sambil makan, mereka biasanya mudah untuk tersedak. Untuk mengatasi ini, anda bisa memberikan pukulan di bagian punggung karena ini bisa membantu mengeluarkan makanan yang terjebak di tenggorokan. Namun anda harus sedikit berhati-hati saat melakukannya.

Cara menghentikan Pendarahan

Untuk menghentikan pendarahan, anda bisa menekan luka dan tahan dengan keras sehingga aliran darah bisa berhenti. Selain itu, proses ini juga akan membantu mengentalkan darah lebih cepat sehingga darah bisa dicegah keluar secara berlebihan.

Mengatasi Luka Bakar

Pertolongan pertama untuk luka bakar, anda bisa menggunakan es batu atau pasta gigi. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah trauma kulit dan untuk mencegah peradangan.

Menangani Patah Tulang

Pada saat seseorang pada tulang, jangan pernah mengguncang bagian yang patah. Dan jangan biarkan korban bertumpu pada tulang yang patah karena bisa memperburuk keadaan.

Pertolongan pertama pada Serangan Jantung

Apabila anda menemukan orang yang mengalami serangan jantung, pastikan anda memposisikan orang tersebut dalam posisi duduk, kemudian bantu mereka mengurangi tekanan pada jantung (berikan rasa nyaman dan tenang). Terus berikan keyakinan kepada pasien tersebut bahwa bantuan sedang dalam perjalanan sehingga ia memiliki semangat untuk menghadapi sakit yang diderita.

Mengatasi Hipotermia

Ini adalah kondisi kritis ketika seseorang merasa kedinginan dan menyebabkan disorientasi seperti mengantuk dan juga bisa mengakibatkan pingsan. Untuk pasien hipotermi,pertolongan pertama yang harus anda lakukan adalah memberikannya minuman panas atau yang bisa menghangatkan tubuh.


Mengatasi Mimisan

Pertama, pastikan pasien duduk, kemudian miringkan kepala mereka sedikit ke belakang untuk membuat pendarahan sedikit mereda. Longgarkan pakaian ketat di leher mereka dan tekan hidungnya untuk membantu mengontrol pendarahan yang keluar.

Menangani Gigitan Serangga atau Hewan

Jika anda atau keluarga anda mengalami gigitan serangga, pertolongan pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan sengat serangga tersebut jika masih terjebak. Kemudian gunakan es batu yang dibungkus untuk menenangkan bekas sengatan.

Perhatian: Cari bantuan dan saran medis segera mungkin dalam kasus permasalahan pernapasan, pingsan/tidak sadarkan diri, luka yang dalam dengan darah yang banyak, luka bakar yang parah, dicurigai adanya tulang yang retak atau patah, dicurigai adanya serangan jantung, reaksi alergi, gigitan serangga atau hewan, keracunan, shock, kondisi apapun yang semakin parah dengan cepat, Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Cara Stress Mempengaruhi Kesehatan
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat
Cara Terbaik Menenangkan Diri saat Stress
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *