Camp Outbound Permainan Tradisional, Dusun Kreatif Medan Marindal

Dusun kreatif adalah nama sebuah camp outbound dengan konsep permainan tradisional Indonesia. Tujuan dibuatnya Dusun Kreatif agar ada alternatif wisata dan tamasya yang bersifat rekreasi dan pendidikan di alam terbuka. Secara formal, Dusun Kreatif dikelola oleh tim Jelajah Indonesia.
Jalan setapak menuju pendopo balairung rumah induk beratap nipah. Halaman rumah dipakai untuk arena bermain, camp, dan outbound. /Dok. Setiadi R. Saleh

Sejak didirikan oleh tim Jelajah Indonesia 2013 silam, camp outbound Dusun Kreatif dengan konsep permainan tradisional Indonesia terus diminati oleh sekolah-sekolah, perusahaan, dan sejumlah klien. Sisi baik kegiatan outbound untuk refreshing mencairkan suasana dan membangun harapan baru menjalin keakraban dalam satu tim di suatu organisasi/institusi/perusahaan/sekolah.

Dusun Kreatif tempatnya sangat istimewa, sejuk dan teduh. Pepohonan rimbun dan rindang, rumput yang hijau. Sunyi yang membisu tenang. Angin berhembus lirih. Cocok sekali bagi Anda untuk “mendinginkan telinga dan batin,” sama sekali jauh dari suara kenderaan dan segala kebisingan kota. Inspirasi bisa seketika mengalir, dan diri seperti kembali ke fitrah (back to nature).

Pendopo, balairung utama di Dusun Kreatif tempat menerima tamu dan berkreasi. Rumah induk tanpa sekat. Udara bersih bebas mengalir. /Dok. Setiadi R. Saleh

Jadi, Dusun Kreatif bukan kafe atau tempat makan-makan bertema alam. Melainkan camp outbound. Siapa saja yang datang seperti sahabat. Tuan rumah dengan senang hati melayani tamu. Tamu pun sepantasnya hormat dan bersikap baik kepada tuan rumah. Tidak buang sampah sembarangan atau merusak benda-benda di sekitar camp outbound.
Sawung untuk duduk menikmati indahnya sunyi
Sawung untuk duduk menikmati indahnya sunyi. Tamu boleh duduk di gubuk untuk rehat dan berkomunikasi dengan teman, keluarga. /Dok.Setiadi R. Saleh

Rute menuju Dusun Kreatif Medan Marindal tidak begitu sulit. Setiap petunjuk terpampang jelas. Jarak dari Kota Medan menuju Dusun Kreatif sekitar 9 km. Lokasi Dusun Kreatif berada di Jalan Leman Harahap Gang Viola/Nabila Desa III B Kecamatan Marendal I, Kabupaten Deli Serdang. Adapun jalan besarnya, dari arah Kota Medan masuk dari Jalan Bajak II, terus saja ikuti Jalan Raya Marindal sampai berjumpa persimpangan (prapatan) Simpang Kongsi.
Gapura kuning bertuliskan Jalan Leman Harahap Gang Viola dan Nabila menuju Dusun Kreatif. /Dok. Setiadi R. Saleh


Di persimpangan Kongsi ada Masjid besar Al-Ikhlas dan Pos Polisi. Arah ke kanan, Jalan Stasiun menuju Kuburan Tionghoa Deli Tua. Sedangkan arah ke kiri, Jalan Kongsi menuju ke Patumbak. Ambil arah yang ke kiri Jalan Kongsi. Nanti dari tepi jalan terlihat sebuah gapura berwarna kuning bertuliskan Jalan Leman Harahap dan Dusun Kreatif. Dilihat dari navigasi Google Maps pun sangat mudah.
Omah Pokok (Rumah Pohon) untuk beristirahat dan ruang doa untuk sholat. /Dok. Setiadi R. Saleh

Dusun Kreatif Indonesian traditional game village memiliki luas area lebih kurang 3 hektar yang menyatu dengan kebun, ladang, kolam ikan, peternakan kambing, dan persawahan asri penduduk desa. Tersedia juga permainan zaman dahulu seperti engklek, dakon (congklak-congkak), egrang (alat yang digunakan untuk bermain jangkungan), terompah, teklek-bakiak (kasut kayu), terompah panjang, galasin, gerobak sodor.

Camp Outbound Permainan Tradisional, Dusun Kreatif Medan Marindal
Permainan tradisional egrang dan terompah. Tersedia juga sepeda gunung MTB. /Dok. Setiadi R. Saleh

Pengunjung bisa melakukan apa saja yang bisa membuatnya bebas lepas menghirup udara terbuka menyatu dengan alam dan suasana perkampungan dusun. Lupakan sejenak teknologi, informasi, dan komunikasi (smartphones internet). Bermain sepuasnya di alam terbuka.

Tambahan program lainnya, jenis paket kegiatan Jelajah Indonesia melalui Dusun Kreatif  seperti bamboo cannon, cycling activity, susur desa/cross country, etnich photography, gardening, cooking classes, catching fish, handy craft and creativity. Khusus untuk program ini nomor kontak yang dapat dihubungi 061-7030037, 08126040171.
Tangga naik-turun menuju area kolam pemancingan ikan. Hati-hati kolamnya dalam. Airnya berwarna hijau tua. /Dok. Setiadi R. Saleh

Peringatan kepada orangtua dan anak-anak. Jangan dekati kolam ikan tanpa pengawasan. Sebab, kolamnya dalam dan belum ada pagar pembatas. Terlebih anak-anak umumnya lasak dan tidak bisa diam.

Bentuk-bentuk konsep wisata alternatif seperti yang ditawarkan oleh Dusun Kreatif sangat bagus sekali untuk anak-anak dalam mendekatkan diri dengan alam. Sebab, di era modern, anak-anak paling rentan dampak teknologi.


Di Dusun Kreatif anak-anak bisa merasakan seperti anak kampung, bermain tanah, bermain lumpur, memegang cacing dan ulat, bermain engklek, egrang, meriam bambu, menangkap capung, membuat wayang suket dari batang daun ubi, apa sajalah yang membuatnya hati senang dan gembira.

Dusun Kreatif merupakan wisata alternatif baru di Kota Medan. Pengunjung bisa bermain permainan tradisional sepuasnya sambil menikmati alam terbuka. Tersedia juga makanan khas tradisional yang supernikmat.

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *