BPJS Kesehatan Kota Medan, Cara Cepat Daftar BPJS Online

Program BPJS Kesehatan yang dicanangkan pemerintah Jokowi-JK bagi sebagian kalangan dinilai rentan kegagalan. Kendati demikian, fakta di lapangan berbeda. Masyarakat masih berharap kepada BPJS Kesehatan. Setiap hari di Kantor BPJS Medan tercatat peserta BPJS baru dari karyawan perusahaan maupun non karyawan tidak menerima upah (BPJS Mandiri).
Kantor BPJS Kesehatan Divisi Regional I
Kantor BPJS Kesehatan Divisi Regional I, Kantor Cabang Utama, Jalan Karya Karang Berombak No. 135  Medan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Jangan terkejut, di Kantor BPJS Medan manusia berjubel penuh sesak dan kerumunan. Kantor BPJS Medan buka antara pukul 08.00 sampai pukul 16.30. Tetapi, orang antre berderet panjang mulai dari pukul jam 7 pagi. Datang di atas jam 13.00 nomor antre sudah ditutup.

Pada hari kerja, Senin-Jumat, parkir di halaman kantor BPJS penuh. Jika terpaksa harus parkir di luar kantor BPJS, lihat-lihat petugas parkir. Pilih yang berseragam memakai tanda pengenal. Tarif parkir Rp. 2000, jangan lupa gunakan kunci ganda kendaraan supaya aman.


Adapun manfaat menjadi peserta BPJS adalah untuk mendapatkan fasilitas kesehatan (Faskes) dan rawat inap di rumah sakit. Sebagian besar yang datang untuk mendaftar menjadi peserta BPJS karena sebelumnya, keluarga atau dirinya pernah dirawat di rumah sakit dengan memakai bea sendiri tetapi tidak punya kartu BPJS. Setelah dirasa bermanfaat barulah kemudian diurus BPJS tersebut.

Adapun prosedur cara mendaftar BPJS Kesehatan, siapkan berkas sebagai berikut:
  • KK (Kartu Keluarga) asli warna biru beserta fotokopi. KK baru warna biru, KK lama warna merah.
  • KTP asli suami + istri beserta fotokopi.
  • Pas foto 3x4 masing-masing 1 lembar. Sesuaikan jumlah anggota keluarga yang didaftarkan menjadi peserta BPJS. Misal 4 orang anggota BPJS berarti 4 foto.
  • Bawa buku tabungan khusus untuk pelayanan kelas 1 dan kelas 2. Kelas 3 tidak perlu bawa buku tabungan.

Setelah berkas siap semua, masukkan dalam plastik putih. Tidak perlu pakai map karena tidak diperlukan. Jepit atau hekter menjadi satu semuanya supaya tidak tercecer. Lalu minta formulir registrasi kemudian diisi secara lengkap kemudian ambil nomor antre untuk validasi. Foto diri masing-masing peserta BPJS langsung ditempelkan pada kolom yang disediakan.
Nomor antre untuk validasi data dan kelengkapan berkas-berkas.
Nomor antre untuk validasi data dan kelengkapan berkas-berkas. /Dok. Setiadi R. Saleh

Satu hal kecil yang sering luput dari perhatian, jangan lupa membawa pulpen sendiri supaya mudah untuk mengisi formulir.

Jangan khawatir salah atau keliru dalam mengisi formulir BPJS. Petugas BPJS Kota Medan sangat kooperatif membantu dan menjelaskan cara registrasi BPJS, validasi data, dan cetak kartu BPJS. Sejumlah siswa/siswi SMU turut diperbantukan.
Kiri-Kanan Bagian kiri adalah antrean validasi data kelengkapan berkas. Bagian kanan adalah registrasi peserta BPJS untuk nomor
Kiri-Kanan: Bagian kiri adalah antrean validasi data kelengkapan berkas. Bagian kanan adalah registrasi peserta BPJS untuk nomor akun iuran pembayaran via sejumlah bank dan cetak kartu BPJS. Perhatikan layar nomor antrean dan dengarkan suara panggilan nomor antrean mencapai jumlah ribuan. Datanglah lebih awal sebab pengambilan nomor antre dilakukan 2 kali untuk validasi data dan registrasi. Tempat duduk antrenya terpisah dan masih satu ruangan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Sedangkan untuk cara cepat daftar BPJS online, langsung saja akses http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/. Tinggal diisi sesuaikan dengan data dari KK (kartu keluarga). Tetapi, kalau tidak bisa dan biasa sebaiknya ikut pendaftaran manual saja dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam penginputan data tetap harus datang ke kantor BPJS setempat.

Kantor BPJS Medan setiap hari ramai sekali orang. Petugas kepolisian setempat berjaga-jaga untuk ketertiban dan keamanan
Kantor BPJS Medan setiap hari ramai sekali orang. Petugas kepolisian setempat berjaga-jaga untuk ketertiban dan keamanan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Khusus pendaftaran BPJS online, hati-hati banyak sekali situs atau website yang mengatasnamakan BPJS pemerintah. Oleh karena itu, lebih baik datang langsung dan daftarkan diri menjadi peserta BPJS. Datanglah lebih awal dan lengkapi berkas-berkas supaya tidak antre lama. Ingat tidak perlu memakai jasa calo. Petugas BPJS Kesehatan Kota Medan sangat ramah dan kooperatif sehingga pengurusan pendaftaran BPJS Kesehatan berjalan dengan lancar dan mudah.

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *