Transportasi Medan MEBIDANG, Rute Medan-Binjai-Deli Serdang

Transportasi Medan MEBIDANG yang melayani rute Medan-Binjai-Deli Serdang ongkosnya Rp. 7.000. Misalkan, naik bus dari Binjai ke Medan Rp. 7000, dari Binjai ke Deli Serdang ongkosnya juga Rp. 7000. Jauh-dekat naik Trans MEBIDANG dihitung Rp. 7000. Perlu diketahui cakupan wilayah Deli Serdang di Sumatera Utara sangat luas dan terpisah-pisah. Layanan rute MEBIDANG yang dimaksud adalah Medan-Binjai-Lubuk Pakam, Ibu Kota Deli Serdang.
Transportasi Medan MEBIDANG, Rute Medan-Binjai-Deli Serdang
Transportasi Medan MEBIDANG melintas di depan Plaza Medan Fair. MEBIDANG melayani rute Medan-Binjai-Deli Serdang Lubuk Pakam. Saat ini jenis transportasi massal untuk angkutan publik di Kota Medan tersedia berbagai jenis mulai dari angkot, becak mesin, ojek online, dan rental mobil untuk rute khusus seperti ke Bandara Kuala Namu dan Pelabuhan Internasional Tanjung Balai, Teluk Nibung, dan Belawan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Bus Trans Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) hadir di Kota Medan sejak Bulan November 2015. Saat ini armada Bus Trans MEBIDANG di Kota Medan sekitar 30 unit dengan 47 halte. Bus MEBIDANG didatangkan langsung oleh Kementerian Perhubungan. Tujuan diadakan Bus MEBIDANG agar dapat mengatasi kemacematan di Kota Medan. Dengan demikian harapan pemerintah, masyarakat mau beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum.


Timbul pertanyaan? Ada berapakah jenis transportasi di Kota Medan mulai dari plat kuning sampai dengan plat hitam? Manakah transportasi massal di Kota Medan yang paling dibutuhkan masyarakat? Apakah angkot, becak dayung, becak mesin, odong-odong, RBT, Gojek, Damri, Trans MEBIDANG atau akan muncul kendaraan transportasi publik yang merangkum ini semua.
Transportasi Medan MEBIDANG, Rute Medan-Binjai-Deli Serdang
Bus Trans Medan-Binjai-Deli Serdang hadir di kota Medan sejak bulan november 2015. /Dok. Internet

Sebenarnya apa yang membedakan BRT Trans MEBIDANG dengan bus lain di Terminal Amplas dan Pinang Baris yang sama-sama dapat menjangkau wilayah Medan-Binjai-Deli Serdang, Lubuk Pakam?

  1. Dari namanya saja sudah beda. Bus MEBIDANG disebut BRT (Bus Rapid Transit) yang artinya kira-kira Bus Angkutan Cepat.

  2. Bus MEBIDANG bangku duduk tidak menghadap ke depan melainkan duduk berhadap-hadapan sesama penumpang dan disediakan pegangan untuk penumpang yang berdiri.  Ketiga, pintu bus MEBIDANG lebih tinggi sehingga penumpang harus menggunakan tangga khusus untuk naik dan masuk ke dalam bus


Koridor-koridor Transportasi Medan MEBIDANG yang tersedia antara jarak tempuh Kota Medan-Binjai-Deli Serdang antara lain: Terminal Binjai, Simpang Tanah Tinggi, KM 19, KM 18, Simpang Tol Megawati (antara Binjai-Tandem Hilir), Terminal Lubuk Pakam, Pasar 7, Kawasan Industri Medan Tanjung Morawa.
Transportasi Medan MEBIDANG, Rute Medan-Binjai-Deli Serdang
Tangga Khusus untuk naik dan masuk ke dalam Bus Rapid Transit MEBIDANG. Tangga ini "terpaksa" ditanam dan disemen untuk menjaga dari tangan-tangan usil. Tampak dalam gambar, anak-anak bermain di atas tangga Bus MEBIDANG. /Dok. Setiadi R. Saleh

Jadi, kapan kira-kira Anda mencoba Transportasi Medan terkini, Bus Rapid Transit MEBIDANG. Bus baru kebanggaan Kota Medan.

Baca SelanjutnyaInterior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG

Baca juga:
Ufuk Menghitam, Rindu Menikam di Lubuk pakam
Bus Terbaru Aceh, Paduan Antara Kemewahan dan Kenyamanan

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *