Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan

Rabu 16 Desember 2015, Tim SeMedan.com bertolak meninggalkan Kota Medan menyusuri Jalan Lintas Sumatera menuju Rumah Makan 100 Indrapura dan ke Tanjung Balai Asahan. Satu persatu kota-kota terlampaui mulai dari Tanjung Morawa-Lubuk Pakam-Perbaungan Pasar Bengkel-Sei Rampah-Sri Mersing-Kuala Tanjung. Kondisi jalan raya lintas Sumatera dipadati kendaraan minibus KPUJ, truk, mobil pribadi, bus-bus besar antar provinsi jarang sekali melintas di siang hari. Sekitar 2 jam perjalanan kami tiba RM 100.
Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan
RM 100 Seafood Resto yang berada di Indrapura Batubara Jalan Lintas Sumatera Kilometer 100 dari Kota Medan. /Dok. SeMedan.com

RM 100 atau Rumah Makan Cepek berada di Indrapura pinggir Jalan Lintas Sumatera kilometer 100, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara. Sumatera Utara. Di sebelah RM 100 terdapat sebatang Sungai Sipare-pare yang memisahkan antara RM 100 dan Kopi TM 100. Saat masuk ke pelataran parkir tidak dikutip uang parkir dan parkir tidak diatur bukan berarti sembarangan boleh parkir. Tetapi, orang yang sudah lapar tidak terlalu suka diatur, pikirannya sudah ingin makan dan beristirahat.


RM 100 tidak seperti tempat makan pada umumnya saat tamu datang langsung duduk di meja kemudian disodorkan menu, memesan lalu hidangan datang, kemudian bersantap bersama, lalu bergegas berangkat lagi melanjutkan perjalanan. Di RM 100 pemandangan seperti itu hampir tidak ada. Setelah makan bisa leyeh-leyeh sejenak sampai penatnya hilang.
Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan
Ruang Makan beratap rumbia dengan tiang penyangga batang kelapa. Ada banyak sudut yang menarik dan pengunjung bebas memilih untuk duduk di kursi, lesehan atau di meja panjang. RM 100 dilengkapi jaringan internet wifi gratis. /Dok. SeMedan.com

RM 100 luasnya 1 hektar, bukan sekadar tempat makan biasa, tetapi tempat menjamu tamu kehormatan, tempat istirahat di perjalanan sepanjang lintas Sumatera. Fasilitasnya sangat representatif tersedia parkir luas, ruang doa musholla kecil, taman dan bunga-bunga, tempat bermain anak, tempat makan lesehan, ruang seminar dan souvenir, free wifi gratis, toilet bersih. Dari foto-foto yang dipajang, sederetan pejabat penting dan artis Jakarta seperti Didi Petet dan dan Bondan Winarno Trans TV pernah mampir di RM 100 Indrapura. (Lihat Video: Rumah Makan 100 Indrapura, Sumatera Utara)
Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan
Menu istimewa khas RM 100 adalah gulai asam Batubara yang terbuat dari olahan ikan patin dan ikan kakap dengan harga Rp. 75.000/porsi. /Dok. SeMedan.com

Sewaktu kami mencicipi gulai asam ikan patin rasa asamnya terasa sekali khas masakan Melayu. Kemudian tekstur ikan patinnya lembut dan terasa segar serta tidak bau tanah sebagaimana ikan air tawar. Patin adalah ikan sungai, bentuk tubuhnya panjang, pipih dan ramping, sirip ekor warnanya kehitam-hitaman, sedangkan sirip punggung kemerah-merahan. Ikan patin mengandung protein tinggi. Teman makan gulai asam ikan patin sayurnya anyang pakis dan minumannya boleh apa saja yang sesuai selera.

Saat ini boleh dibilang restoran terbaik di Indrapura yang  menjanjikan kenyamanan dan kelezatan saat berwisata kuliner adalah RM 100. Kota Indrapura tidak memiliki ciri khas. Oleh karena itu secara langsung RM 100 telah menjadi ikon Indrapura. Ingat Indrapura ingat RM 100. Jangan lupa RM 100 itu bukan akronim dari Ringgit Malaysia 100 melainkan akronim dari rumah makan yang jarak jauhnya berada di 100 km dari Kota Medan.
Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan
Bunga-bunga di taman RM 100 terawat dengan baik. /Dok. SeMedan.com

RM 100 berdiri sejak 19 tahun yang lalu dan masih eksis sampai sekarang. Ketajaman naluri seorang pengusaha seperti H. Achmad Cholili selaku owner RM 100 dapat “menyulap” sebuah lembah di tepi Sungai Sipare-pare menjadi tempat makan-makan yang nyaman dan bersih.

Kata H. Achmad Cholili kepada SeMedan.com, “Zaman sekarang orang suka bepergian, traveling. Kita membuat bukan hanya tempat makan, tetapi juga makan-makan. Fasilitas wifi internet kita sediakan. Mana tau setelah makan orang harus memesan tiket online. Kemudian semua ikan diambil dari vendor yang berkualitas, ikan ditimbang, mutu dijaga dengan quality control berlapis. Semua karyawan di RM 100 harus memiliki sikap yang baik dalam melayani dan menyapa orang sesuai dengan motto RM 100 Smile & Taste.


Contoh kecil saja, kalau datang keluarga bapak-ibu-anak. Pertama kali yang harus disapa itu ibunya (perempuan), baru kemudian bapaknya. Staf dan manajer harus memakai pakaian yang terbaik dan parfum berkelas. Hal-hal detail saya perhatikan juga. Saya prinsipnya percaya kepada karyawan dan karyawan harus loyal kepada perusahaan.

Di sekitar RM 100 Indrapura terdapat perusahaan besar seperti Inalum, Multimas Nabati Asahan, Domba Mas, Sepatu Bunut Kisaran Asahan. Tentulah perusahaan tersebut akan memilih RM 100 untuk menjamu tamu ataupun dalam rangka acara makan-makan dan gathering.
Rumah Makan 100 Restoran Seafood Indrapura, Kelezatan Tak Terlupakan
Selama perjalanan menuju ke suatu tempat, manusia membutuhkan energi makanan-minuman agar ia dapat bertahan hidup. Selain makanan-minuman manusia juga memerlukan perlindungan Tuhan supaya selamat sampai di tujuan. Di RM 100 tersedia musholla dan toilet yang bersih.. /Dok. SeMedan.com

Suasana RM 100 sangat nyaman teduh dan enak untuk makan-makan bersama keluarga, menjamu relasi atau apa sajalah yang membuat orang betah dan rileks. Terlebih-lebih bagi para traveler (pelancong) yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh lintas Sumatera, RM 100 sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai tempat beristirahat melepas lelah kemudian setelah itu melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan.

No Kontak Rumah Makan 100, Indrapura: 08126470088

Baca juga:
Kopi TM 100 Indrapura
H. Achmad Cholili RM 100 Indrapura, Jalan Hidup Bukan Urusan Kita

Rumah Makan 100 Indrapura, Sumatera Utara


Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *