Mengapa Menjadi Vegetarian Tubuh Lebih Sehat

Menjadi vegetarian tidak harus membuat anda khawatir. Justru sebaliknya, menjadi vegetarian memiliki banyak keuntungan. Menjadi vegetarian bukan hanya menguntungkan secara fisik, melainkan juga bisa menguntungkan secara mental. Beralih mengkonsumsi sayur-sayuran saja tanpa menyertakan daging memang terkadang sedikit sulit, namun jika anda mengetahui manfaatnya maka hal tersebut bisa anda lakukan.
Mengapa Menjadi Vegetarian Tubuh Lebih Sehat
Makanan Vegetarian. /Dok. spirit.web.id

Tahukah anda bahwa 90% vegetarian tidak terserang kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Dan kebanyakan, mereka yang menganut vegetarian lebih sehat secara keseluruhan dibandingkan dengan yang tidak. Hal tersebut sebenarnya sudah sangat jelas di mana hampir setiap tips dan trik mengenai kesehatan akan menyarankan kita memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian. Hanya sebagiannya saja yang menyarankan ikan, daging dan lain-lain.

Mengapa Vegetarian Lebih Sehat

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak alasan mengapa menjadi vegetarian itu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, berikut adalah beberapa diantaranya:


Terhindar dari kanker
Jika anda mencoba menjadi vegetarian dan sering mengkonsumsi sayur-sayuran serta menghindari berbagai jenis daging, 70% anda akan lebih aman dari kanker. Ini adalah salah satu dari sekian alasan mengapa orang lebih memilih sayur-sayuran dibandingkan dengan daging.

Panjang umur
Hal tersebut bukan tanpa alasan, mereka yang menjadi vegetarian bisa hidup lebih lama dan bahagia lebih lama karena faktor kesehatan. Alasannya sederhana, sayur-sayuran banyak mengandung serat, fitonutrien, antioksidan, mineral dan berbagai jenis vitamin yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anda bisa menikmati hidup lebih panjang.

Kehidupan seks yang lebih baik
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vegetarian memiliki kehidupan seks yang lebih baik dan hanya segelintir orang saja yang mengalami gangguan seksual. Tidak hanya itu, kaum vegan juga dikenal memiliki stamina yang lebih baik di atas ranjang dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai sayuran.

Hal itu bisa terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena sayuran yang banyak mengandung air yang dapat membetikan energi sehingga membuat kinerja tubuh kita semakin baik.

Berat badan stabil
Hampir bisa dipastikan bahwa sayur-sayuran, buah-buahan maupun makanan nabati yang lainnya tidak banyak mengandung lemak jahat. Itulah sebabnya mengapa banyak vegetarian yang memiliki badan ramping.

Tidak hanya itu, mempertahankan berat badan atau menurunkan berat badan bukanlah hal sulit. Terlebih jika diikuti dengan latihan atau olahraga setiap hari.

Baik untuk kesehatan jantung
Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Kandungan energi, nutrisi, dan zat besi yang ada di dalam sayur-sayuran akan membuat arteri dan jantung menjadi sehat.

Menjauhkan racun dari anda
Makanan yang bersumber dari hewani sarat dengan racun berbahaya dan kontaminan seperti herbisida, pestisida, antibiotik dan berbagai jenis hormon.
Sebaliknya, sayur-sayuran bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.


Mempertahankan tekanan darah
Mereka yang tidak menjadi vegetarian seringkali mengalami masalah dengan tekanan darah. Sebaliknya, mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan justru lebih menyehatkan.

Bebas diabetes
Diyakini bahwa banyak mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dan menghindari berbagai jenis daging akan membuat resiko sindrom metabolik menurun secara drastis. Itulah sebabnya mengapa vegetarian aman dari diabetes tipe 2, stroke dan penyakit jantung.

Anda bisa makan daging sesekali untuk menutupi kekurangan nutrisi seperti zat besi dan zinc yang hanya terdapat pada daging, nutrisi tersebut tidak bisa digantikan dengan telur dan ikan. Tetapi bila tidak mau memakan daging, bisa dengan mengkonsumsi suplemen vitamin.

Baca juga:
Sumber Protein Khusus untuk Vegetarian
Restoran Vegetarian di Medan dan Gaya Hidup Sehat

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *