Celana Dalam Tidak Baik untuk Kesehatan?

Setiap kita sudah mengetahui bahwa menggunakan pakaian yang bersih adalah sebuah keharusan, entah itu pakaian untuk bagian luar tubuh kita atau pakaian dalam seperti celana dalam maupun bra untuk wanita.
Mengapa Celana dalam Tidak Baik untuk Kesehatan?
Berbagai pilihan celana dalam. /Dok. meetdoctor.com

Khusus untuk pakaian dalam, apabila menyebabkan infeksi, hal tersebut bisa sangat berbahaya dan bahkan lebih berbahaya dibandingkan dengan pakaian yang kita kenakan di daerah tubuh yang lainnya. Sekalipun hanya infeksi kecil saja bisa menyebabkan bencana seperti kanker vagina atau yang lainnya. Jadi, selalulah waspada dan gunakanlah pakaian yang bersih serta sedikit longgar.

Saat kita berbicara mengenai pakaian yang sedikit longgar atau tidak ketat, sebenarnya kita harus tahu efeknya. Ada banyak efek kesehatan yang disebabkan oleh pakaian-pakaian yang terlalu ketat. Tidak jarang wanita berpikir bahwa pakaian dalam yang ketat dan berukuran sedikit lebih kecil membuat mereka terlihat lebih seksi, tapi sebenarnya itu bukanlah ide yang baik.


Tidak hanya dapat menyebabkan penghambatan bentuk tubuh, pakaian yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Dan tidak hanya wanita, pria juga bisa mengalaminya. Pakaian yang terlalu ketat seperti celana jins atau celana dalam dapat menghambat sirkulasi darah sehingga menyebabkan fungsi ereksi atau kekurangan sperma.

Beberapa resiko kesehatan yang bisa muncul akibat penggunaan celana ketat terutama pada pria diantaranya adalah, dapat menyebabkan terhambatnya sistem reproduksi.Hal tersebut bisa diperparah dengan kebiasaan merokok dan kebiasaan buruk lainnya.

Resiko kesehatan Menggunakan Celana Dalam Ketat

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai resiko kesehatan yang bisa disebabkan oleh penggunaan celana dalam yang terlalu ketat diantaranya adalah.

1. Mengurangi jumlah sperma

Salah satu resiko kesehatan yang sangat merugikan saat menggunakan celana ketat adalah penyempitan pada pangkal paha yang kemudian berimbas pada menurunnya jumlah sperma. Selain itu, penggunaan pakaian ketat secara terus menerus akan meningkatkan suhu skrotum sehingga produksi sperma tidak akan bisa maksimal.

2. Menghambat sirkulasi darah

Tidak bisa dipungkiri bahwa pakaian yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah. Apabila darah terganggu, beberapa resiko bisa muncul seperti gangguan pada saraf, serta oksigen yang dibutuhkan oleh beberapa bagian tubuh tidak terpenuhi. Apabila hal tersebut terjadi, resiko paling besar yang akan dialami oleh seseorang yang sering menggunakan celana ketat adalah kematian jaringan.

3. Penyebab infeksi vagina

Celana dalam yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah ke daerah intim yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Pada saat-saat tertentu, kita bisa merasakan kesemutan pada daerah intim tersebut. Kebiasaan menggunakan celana ketat dapat menyebabkan masalah kesehatan serius sehingga tidak boleh diabaikan efeknya.

4. Menyebabkan mulas

Ini merupakan salah satu risiko kesehatan yang harus diperhatikan. Pakaian ketat seperti celana ketat pada pinggang akan menekan perut dan menyebabkan refluks asam dalam esofagus.

5. Menghambat sirkulasi

Daerah intim membutuhkan udara agar tetap higienis. Jika kita mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, udara tidak dapat bersirkulasi sehingga keringat berlebihan akan menyebabkan daerah tersebut lembab dan mudah terinfeksi atau menyebabkan serangan bakteri yang akan sangat merugikan.


6. Infeksi saluran kemih

Bahaya lain menggunakan celana ketat terutama pada perempuan, dapat menyebabkan daerah kewanitaan mereka kesulitan bernapas sehingga akan tumbuh infeksi jamur yang menyebabkan infeksi saluran kemih.

7. Menyebabkan penyakit kulit

Ketika seseorang menggunakan pakaian yang ketat atau celana dalam yang ketat, pakaian tersebut dapat menyebabkan memar, luka atau ruam-ruam berwarna merah yang gatal. Biasanya hal tersebut terjadi di pangkal paha atau di daerah pinggang.

Mengenakan pakaian dalam selalu lebih baik dibandingkan tidak mengenakannya. Celana dalam agak longgar lebih baik dan berguna sebagai pelindung organ intim agar tidak mudah terkena infeksi. Sesuaikan dengan aktifitas yang anda jalani agar terasa nyaman dan selalu menjaga kebersihan.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *