Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Donor darah adalah bentuk kepedulian sosial dimana kita bisa membantu saudara kita untuk bisa hidup lebih lama dan perduli terhadap sesama yang membutuhkan. Selain bisa memberikan kehidupan kepada seseorang, ada manfaat lain dari menyumbangkan darah. Hal tersebut berkaitan dengan kesehatan, dimana kita akan mendapatkan banyak manfaatnya sebagai pendonor.
Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pria dan Wanita
Wajah bahagia para pendonor. /Dok. Apheresis Medan

Namun terkadang tidak sedikit diantara kita yang takut akan jarum suntik sehingga enggan untuk mendonorkan darah. Saat anda takut melawan jarum suntik, cobalah melakukan beberapa hal dengan menenangkan diri seperti mengatur nafas. Selain cara itu, anda juga bisa menggenggam bola yang bisa anda remas-remas untuk memberikan rasa rileks pada tubuh.

Taukah anda bahwa donor darah memberikan kita kesehatan jantung yang lebih baik? Ya, ini adalah salah satu keuntungan dari menyumbangkan darah. Ketika darah anda terlalu banyak, hal tersebut menyebabkan gesekan di arteri. Dengan menyumbangkan darah, kadang-kadang, viskositas akan berkurang dan membantu sistem kardiovaskuler.


Setelah anda mendonorkan darah, tubuh akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif. Selain menyehatkan tubuh dan jantung, manfaat-manfaat lainnya juga masih banyak.

Manfaat donor darah yang perlu anda ketahui

Mendapatkan pemeriksaan gratis
Sebelum anda mendonorkan darah, terlebih dahulu dokter akan memeriksa anda. Jadi bisa dikatakan ini adalah pemeriksaan gratis yang sudah pasti menguntungkan anda.

Kepuasan hidup
Saat kita memberikan sesuatu kepada orang yang sangat membutuhkan, maka ada rasa lega atau rasa puas yang membuncah dari dalam hati.Begitu juga saat kita mendonorkan darah dan membantu kehidupan orang lain, maka perasaan tersebut akan membuat kita sangat bangga.

Menyeimbangkan kadar darah
Saat kita melakukan donor darah, kadar zat besi dalam darah akan lebih seimbang dan tentunya berdampak positif untuk kesehatan.

Baik untuk sistem kardiovaskular
Menyumbangkan darah kita akan membuat cardiovascular lebih sehat. Ini adalah manfaat yang tidak boleh anda lupakan.

Resiko kanker mengecil
Meskipun belum ada penelitian yang menegaskan bahwa, mereka yang secara rutin menyumbangkan darah memiliki resiko terserang kanker lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menyumbangkan darahnya. Namun, kegiatan amal ini tetap bisa memberikan banyak keuntungan seperti menjauhkan kita dari kanker.

Menjadi lebih sehat
Jika selama ini anda cenderung merusak tubuh anda dengan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti, tidak makan makanan yang sehat, sering mengkonsumsi makanan manis, sering merokok.Dengan melakukan donor darah, anda sedang mengurangi resiko kerusakan di tubuh anda.
Dengan menyumbang darah, kesehatan anda akan kembali seperti sediakala.

Menurunkan berat badan
Saat seseorang menyumbangkan darahnya, mereka akan kehilangan sekitar 500 kalori. Tentu saja ini membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja berita positif bagi anda yang kelebihan berat badan. Namun selain itu, mereka yang sudah memiliki berat badan ideal juga bisa mempertahankan berat badan dengan menyumbangkan darah.


Sebelum anda melakukan donor darah, anda terlebih dahulu harus diperiksa oleh dokter untuk memastikan bahwa kondisi anda cukup baik untuk mendonorkan darah. Selain itu, cobalah untuk mempraktekkan donor darah di tempat-tempat yang memang dikhususkan untuk donor darah agar sumbangan anda tetap aman.


Syarat-syarat teknis menjadi donor darah:

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Umur 17-65 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 170 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  • Hemoglobin baik pria maupun wanita minimal 12,5 gram
  • Interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya. Maksimal 5 kali dalam 1 tahun, keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Donor darah bermanfaat positif dan bisa membantu sesama, minimal umur pendonor 17 tahun (bila ada izin tertulis dari orangtua). Mulailah biasakan kebiasaan baik ini dari masih muda.

Baca juga: Komunitas Pendonor Apheresis Medan

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *