Interior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG

Interior design bus terbaru Kota Medan (Transportasi MEBIDANG) saat ini boleh dikatakan yang terbaik di antara bus antar kota dalam provinsi Sumatera Utara. Sebagian warga Kota Medan masih enggan menggunakan Trans MEBIDANG karena beranggapan jangan-jangan harga tiket bus mahal mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh dari Binjai-Medan-Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.
Interior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG
Suasana dan interior di dalam BRT Trans MEBIDANG. /Dok. Setiadi R. Saleh

Interior design bus terbaru Kota Medan (Transportasi MEBIDANG) memiliki banyak keistimewaan antara lain:
  • Penumpang bus duduk berhadap-hadapan, posisi menyamping tidak menghadap ke arah jendela. Sedangkan bangku belakang duduknya menghadap ke depan dilengkapi sabuk pengaman. Tujuannya kalau penumpang mengantuk dan tertidur ia tidak terlempar karena posisi duduk di bagian belakang jauh lebih tinggi.
  • Bagasi belakang bus Trans MEBIDANG luas sehingga leluasa menyimpan tas.
  • Naik BRT Trans MEBIDANG terbilang hemat, sehat, dan sangat mengasyikkan. Di dalam bus tidak ada orang yang merokok, lantai bus bersih, full ac, kursi nyaman, dilengkapi pengharum ruangan, tempat luas, plong.
  • Jika tempat duduk lagi penuh penumpang bisa berdiri bergantung dan berpegangan pada tempat yang sudah disediakan.
  • Di dekat pintu otomatis ada sebuah ruang kosong khusus difabel yang memakai kursi roda.
  • Tersedia alat pemadam kebakaran chubb water.

Interior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG
Bus Trans MEBIDANG dilengkapi sabuk pengaman dan alat pemadam kebakaran./Dok. Setiadi R. Saleh
Interior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG
Bangku atau kursi penumpang kalau tidak ada yang duduk akan terlipat secara otomatis. Bagian dalam bus Trans MEBIDANG interiornya didesain juga untuk kursi roda kaum difabel yang mengalami keterbatasan diri bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, dan perkembangan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Selain itu yang utama sekali Trans MEBIDANG melewati tempat-tempat bersejarah di Kota Medan. Dari sinilah kita bisa melihat Kota Medan tempo dulu, Kota Medan tempat menarik wisata kota, dan pulangnya pun melewati Tjong A Fie mansion.

Kemungkinan besar Trans MEBIDANG dilengkapi GPS sehingga navigasi melalui mesin pintar, tertera di layar teks berjalan yang memberi keterangan suatu tempat. Misalkan, 100 meter Berastagi maksudnya 100 meter lagi sampai di supermarket Berastagi yang berada di Jalan Gatot Subroto. Begitupun untuk penunjukkan tempat yang lain.

Jika dahulu bus-bus wisata atau tamasya memakai pemandu (guide) sambil memegang mikrofon menunjukkan kepada penumpang sudah tiba di suatu tempat “ini-itu.” Sekarang tidak demikian lagi, cukup lihat di running text (teks berjalan) kita sudah tahu sedang berada di mana dan berapa jaraknya.

Baca tulisan sebelumnya Transportasi Medan MEBIDANG, Rute Medan-Binjai-Deli Serdang tertera jauh-dekat ongkosnya Rp. 7000. Jauh-dekat yang dimaksud adalah Binjai-Medan ongkosnya Rp. 6.000 berhenti terakhir di Olympia Plaza.

Kemudian menyambung lagi dari Pusat Pasar Olympia sampai Lubuk Pakam Deli Serdang ongkosnya Rp. 7000. Total ongkos perjalanan dengan Bus Trans MEBIDANG dari Kota Binjai-Medan-Deli Serdang adalah Rp. 13.000 begitu arah sebaliknya.
Interior Design Bus Terbaru Kota Medan, Trans MEBIDANG
Pemberhentian terakhir dari Binjai-Medan berhenti di Pusat Pasar Olympia ongkosnya Rp. 6000. Kemudian kalau mau ke Deli Serdang Lubuk Pakam harus menyambung lagi pada bus Trans MEBIDANG berikutnya yakni dari Pusat Pasar Olympia-Lubuk Pakam ongkosnya Rp. 7.000. Saat ini tersedia 47 shelter yang dibangun untuk memudahkan penumpang turun-naik ke dalam bus. /Dok. Setiadi R. Saleh


Penumpang yang naik bus Trans MEBIDANG tidak akan terasa seperti di dalam bus karena tempatnya luas dan Interior design bus yang dirancang sedemikian rupa supaya penumpang tidak cepat bosan dalam perjalanan. Dari sekarang sesekali cobalah naik Bus Trans MEBIDANG demi mengurangi kemacetan lalu-lintas di Kota Medan.

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *