YouTube Creator's Day Medan, Ayo Bangkit Youtubers Medan

Sepertiga dari pengguna internet di seluruh dunia menonton video di YouTube setiap hari, termasuk anda. Selain menonton jutaan video setiap harinya, kenapa tidak membuat saluran YouTube sendiri? Senin 9 November 2015, YouTube mengadakan kegiatan Workshop Creator's Day bertempat di Ballroom 1, Hotel Arya Duta Medan. Workshop ini di hadiri berbagai komunitas Medan maupun perorangan baik yang sudah memulai menjadi creator ataupun baru memulai menjadi Creator YouTube.
YouTube Creator's Medan
YouTube Creator's Day Medan. /Dok. YouTube.com
Pertumbuhan konten video para creator Indonesia yang di unggah ke situs berbagi video YouTube mengalami pertumbuhan pesat dan ini menjadi perhatian serta menjadi target untuk mengajak anak-anak muda Medan mengkreasikan dirinya didalam video dan meraih sukses dan menjadi artis dadakan melalui YouTube.

Dalam kegiatan workshop ini Strategic Partner Manager YouTube, Niken Sasmaya menjelaskan bagaimana mudahnya membuat saluran dan menjadi partner YouTube. Mungkin banyak orang tidak tau dengan mempunyai saluran di YouTube, creator atau pembuat video bisa mendapatkan penghasilan (Monetize).
Niken Sasmaya. Strategic Partner Manager YouTube
Niken Sasmaya. Strategic Partner Manager YouTube. /Dok. SeMedan.com

"Untuk memulai membuat video yang menarik bisa di mulai dari hal-hal kecil yang terjadi pada kita sehari-hari". Ia juga menjelaskan dan memperlihatkan video buatan dari para kreator Indonesia yang sudah mendulang sukses dan memiliki subscribe terbanyak dalam waktu singkat.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari video YouTube, konten yang di unggah haruslah benar-benar original, baik dari audio maupun video. YouTube juga memberikan fasilitas free audio untuk melengkapai konten video creator agar terhindar dari gugatan hak cipta pemilik audio.

Beberapa peserta workshop mengajukan pertanyaan seputar YouTube mengenai analytics video, membuat video promosi dan berapa besar pendapatan sebuah video dalam perklik. Untuk di ketahui video YouTube yang tidak mendapatkan klik iklan akan tetap mendapatkan pendapatan berdasarkan tayangan iklan yang tampil di dalam video atau penghasilan video per 1000 tayangan.
Creator's Medan
Creator's Medan. /Dok. SeMedan.com

Ada tiga jenis format iklan yang ada pada saluran YouTube yang merupakan sumber pendapatan bagi pemilik video.

1. Muncul di sebelah kanan video yang di putar dan diatas daftar saran video. Untuk tampilan pemutar lebih besar, iklan muncul di bawah pemutar video.
format iklan 1
Fomat Iklan 1.
2. Iklan hamparan semi transparan yang muncul di 20% bagian bawah video anda
format iklan 2
Format Iklan 2.

3. Iklan video yang dapat diabaikan adalah iklan yang dapat diabaikan pemirsa setelah 5 detik, iklan ini dapat di set, disisipkan sebelum, selama, atau setelah video utama jika durasi video lebih dari delapan menit.
format iklan3
Format Iklan 3.
 Unit iklan besar (Format iklan 3) ada pilihan iklan tanpa bisa di abaikan (skip) harus di tonton selama 30 detik sebelum video dapat anda saksikan.

Melalui workshop Creator's day yang di gelar oleh YouTube, anak-anak muda Medan dapat menunjukan kreasi dan bakatnya dan menjadi bagian dari kreator terkenal Indonesia. Kreator Indonesia seperti Last Day Production, Edho Zell dan lain-lain.

Untuk Tutorial lengkap membuat Saluran atau menjadi partner mitra YouTube dapat di lihat disini:
Tutorial Lengkap Menjadi Mitra YouTube

Berikut video dari Youtubers Medan

Trailer Youtubers Medan


Semoga bermanfaat, dan jika anda suka dengan artikel ini, bagikan dengan teman-teman anda. Terima Kasih.

Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *