Taman Beringin, Hutan di Tengah Kota Medan

Taman Beringin atau Taman Sudirman adalah hutan kota dan sebagai fasilitas umum bagi masyarakat Medan untuk tempat bersantai dan mengajak anak-anak bermain. Taman ini berfungsi sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau Kota Medan dan simbol persahabatan Medan dan Amerika Serikat.
taman beringin medan
Taman Beringin Medan. /Dok. SeMedan.com

Tempat ini di kelola Pemerintah Kota Medan sebagai Hutan Kota untuk Ruang Terbuka Hijau. RTH adalah untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen dari hasil fotosintetis tanaman yang sengaja di tanam atau tumbuh secara alamiah dan sumber resapan air hujan.

Ketika melintas di jalan Sudirman dan Imam Bonjol atau jalan Cik Di Tiro, taman ini akan menarik perhatian orang yang melintas, taman yang rimbun bak hutan dan kolam air mancur yang berada di tengah kota. Anda akan tertarik untuk singgah ke taman ini. Di taman ini terdapat 20 jenis tanaman dengan luas 12.219 meter persegi dan pohon beringin di setiap sudut taman.


Taman beringin banyak di kunjungi warga seputar kota Medan pada saat hari libur. Di taman terdapat penjual makanan dan minuman ringan dan berbagai macam permainan anak-anak yang tersedia secara gratis. Tempat ini juga sebagai tempat berkumpul komunitas Medan  untuk berdiskusi dan anak-anak remaja yang sedang pacaran.
permainan anak-anak di taman beringin medan
Permainan anak-anak di Taman Beringin Medan. /Dok. SeMedan.com

Taman kota dengan hutan mini, kolam air pancur, permainan anak di bawah rindangnya pepohonan dan adanya musholla membuat suasana seakan bukan berada di tengah kota dan aliran sungai babura membuat taman semakin tampak alami. Musholla Nurul Huda berada di sebelah kanan taman untuk mempermudah masyarakat yang berkunjung ke taman untuk beribadah.
aliran sungai babura dekat areal taman beringin
Aliran sungai babura dekat areal Taman Beringin. /Dok. SeMedan.com 


Taman Beringin sebagai simbol persahabatan antara Medan dan Amerika Serikat dengan adanya prasasti di tengah taman yang di tanda tangani oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Kapten Kapal USS Davis Todd E. Walen.
Prasasti persahabatan Medan dan Amerika Serikat
Prasasti persahabatan Medan dan Amerika Serikat. /Dok. SeMedan.com

Taman ini bisa menjadi pilihan alternatif anda untuk rekreasi dan bersantai bersama keluarga. Taman ini perlu di jaga kelestariannya dan mari sama-sama kita menjaga taman ini agar tidak berubah fungsi.

Taman Beringin Medan



Halaman



Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *