Wahana Permainan Pasar Malam

Pasar malam adalah pasar yang melakukan transaksi perdagangan dan hiburan Wahana Permainan di malam hari. Wahana permainan Pasar Malam di buat dengan alat seadanya (mesin dompeng berbahan bakar solar). Berbagai barang dagangan atau jasa diperjual belikan di sini.
pasar malam di lapangan tanjung morawa 2014
Pasar Malam di lapangan Tanjung Morawa 2014. /Dok. SeMedan.com
Pasar malam biasanya sekitar sebulan dan berpindah dari suatu daerah ke daerah lain. Pengusaha pasar malam dan pekerja kebanyakan berasal dari luar kota Medan, pasar malam menggunakan lahan terbuka atau lapangan di pinggiran kota. Para pedagang tidak semua berasal dari pekerja pasar malam ada juga pedagang dadakan dari warga sekitar.

Pasar Malam masih menjadi pilihan warga Medan untuk mencari hiburan. Aneka wahana permainan tersaji dengan ongkos yang murah. Seperti Komedi Ombak, Tong Setan, Bianglala, Lokomotif, Perahu Columbus, Rumah Hantu, Komedi Putar dan Kincir Angin, dll. Selain aneka permainan, anda juga bisa berbelanja dilokasi tersebut.
Permainan Tong Setan, pasar malam Tanjung Morawa
Permainan Tong Setan, pasar malam Tanjung Morawa. /Dok. SeMedan.com
Permainan Tong Setan paling terfavorit, merupakan atraksi pengendara sepeda motor yang berputar-putar kencang dalam sebuah tempat yang menyerupai tong dan kemiringannya kurang lebih 90 derajat. Joki Tong Setan akan berputar sambil meraih uang kertas yang di lambaikan seorang pengunjung.

Sebuah atraksi yang bisa di bilang edan dan beresiko, dan berbahaya juga bagi pengunjung jika saja joki salah perhitungan dalam memainkan atraksi ini. Lihat video:

Aksi Edan Pengendara Sepeda Motor "Tong Setan" di Pasar Malam


Tong Setan bukan merupakan permainan ghaib yang mengundang setan. Rahasia permainan ini terletak di rumus gaya garavitasi Sentrifugal, ketika sebuah objek melakukan gerakan melingkar memutari sebuah sumbu, objek akan menjauhi dari sumbu dan memiliki daya keluar menjauhi sumbu/poros. Contoh, sebuah bandul di ikat tali dan ujung tali yang lain kita pegang lalu kita putar kencang, tebayangkan?
permainan bianglala
Permainan Bianglala. /Dok. SeMedan.com
Pemainan Bianglala mempunyai banyak nama tergantung daerahnya, dikenal juga permainan Kincir Angin, Kincir Angin atau Gondola yang berukuran besar seperti di wahana permainan modern. Permainan ini berputar searah jarum jam dan terdapat kabin-kabin untuk pengunjung yang di pasang dengan poros agar kabin tetap tegak saat roda berputar. Lihat video:

Permainan Bianglala di Pasar Malam


Bianglala atau Kincir Ria pertama kali dirancang dan dibangun oleh George Washington Gale Ferris, Jr. -wikipedia.org
permainan kereta lokomotif di pasar malam
Permainan Kereta Lokomotif di pasar malam. /Dok. SeMedan.com
Permainan Kereta Lokomotif sangat digemari oleh anak-anak, kereta lokomotif ini sebagian terbuat dari fiber dan bermesin dompeng, berjalan mengelilingi lingkaran rel dengan beberapa gerbong di belakangnya. Lihat video:

Permainan Kereta Lokomotif di Pasar Malam


Permainan Kereta Lokomotif ini berdurasi sekitar 3 menit, dan pekerja di bagian ini akan ikut serta untuk menjaga anak-anak agar tidak mengeluarkan angota tubuhnya saat permainan ini berlangsung.
permainan perahu colombus di pasar malam
Permainan Perahu Colombus di Pasar Malam. /Dok. SeMedan.com
Permainan Perahu Columbus di bentuk menyerupai naga dan bergantung seperti ayunan. Untuk anak-anak yang tidak tahan dengan ayunanya disarankan tidak menaiki wahana ini. Permainan ini dinamakan juga Perahu Ombang Ambing. Lihat video:

Permainan Perahu Colombus di Pasar Malam


Wahana-wahana permainan di pasar malam di buat dengan pengerjaan seadanya, dengan las dan baut-baut untuk membentuk sebuah wahana. Wahana ini dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat di bongkar pasang saat berpindah tempat. Saat anda menaikinya, anda bisa melihat baut-baut pengikat longgar bisa terlepas sewaktu-waktu. Berhati-hati dan perhatikan, jika ragu jangan naik wahana!


Terlepas dari semua itu pasar malam dimiliki oleh perusahaan pasar malam, yang mempunyai tenaga kerja beragam, ada bagian jual tiket, operator mesin wahana, petugas yang menjual makanan dan minuman. Menjadi tempat mencari nafkah dan menjadi rumahnya, makan dan tidur didalam wahana. Hidup berpindah mengikuti kemana pasar malam diadakan, terkadang bisa tidak pulang kampung berbulan-bulan.

Pasar Malam adalah ragam wahana permainan yang di buat sendiri dengan seadanya, dan perjuangan orang untuk hidup. Malam hari bekerja, siang hari melakukan perawatan. Melihat pasar malam, adalah menyaksikan kreatifitas, kecerdasan, dan kegigihan manusia. Wahana Permainan Pasar Malam tetap eksis diantara Wahana Permainan Modern.

Baca juga: Restoran Pesawat di Tanjung Morawa, Medan


Halaman 3


Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *