Taman Hewan Siantar, Siantar Zoo

Taman Hewan Pematang Siantar atau sebelumnya dikenal Kebun Binatang Siantar berada di Jalan Simanuk-manuk kota Pematangsiantar, provinsi Sumatera Utara. Kebun binatang ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936. Sejak tanggal 1 September 1996 Taman Hewan ini dikelola oleh Bapak DR. H. Rahmat Shah, sebelumnya dikelola oleh pemerintah Daerah.
taman hewan pematang siantar
Taman Hewan Pematang Siantar. /Dok. SeMedan.com

Di bawah pengelolaan DR. H. Rahmat Shah. Kebun Binatang Siantar berganti nama menjadi Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) karena kurang pantas di sebutkan, kata binatang terlalu kasar untuk diucapkan.

Walaupun luas Taman Hewan cuma 4,5 Hektar lebih kecil dibandingkan luas kebun Binatang Medan, tapi memiliki banyak koleksi hewan dengan infrastruktur terbaik di Indonesia. Taman hewan membagi 2 lokasinya, yaitu taman hewan dan tempat bermain anak.

Baca juga: Luas Kebun Binatang Medan 30 Hektar

ikon taman hewan siantar
wahana bermain di taman hewan sianatar
Wahana bermain di Taman hewan Siantar. /Dok. SeMedan.com

Taman Hewan memiliki koleksi 952 satwa dari 233 spesies dan 48 ekor landak hasil sitaan negara. Sampai dengan saat ini koleksi satwa akan terus bertambah, karena Taman Hewan Siantar sebagai lembaga konservasi dan merawat titipan dari BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam).
harimau putih taman hewan pematang siantar
Harimau Putih Taman Hewan Pematang Siantar. /Dok. SeMedan.com

Salah satu koleksi hewan langka di Taman Hewan Siantar
Salah satu koleksi hewan langka di Taman Hewan Siantar. /Dok. SeMedan.com

Sesudah di pintu masuk taman kita akan menjumpai pusat karantina hewan, rumah sakit hewan dan sebuah museum Zoologicum dengan koleksi hewan mati yang telah diawetkan dengan menggunakan formalin. Pengelola Taman Hewan Siantar, DR. H. Rahmat Shah memiliki Museum Zoologi, yaitu Rahmat's Gallery yang berada di kota Medan.


Setelah itu kita akan menyusuri anak tangga dan jalan menurun melewati jembatan sungai buatan, melewati kandang-kandang hewan yang sesuai dengan jenis spesiesnya dan  memudahkan pengunjung menyusuri taman hewan ini sesuai dengan petunjuk jalan yang tersedia. Di sekitar sungai buatan ditanami pohon dan terdapat tempat duduk bersantai sambil melihat anak-anak kita bermain.

anak-anak sedang bermain di taman hewan siantar
Anak-anak sedang bermain di Taman Hewan Siantar. /Dok. SeMedan.com

Untuk menuju ke lokasi ini sekitar 3 jam perjalanan dari kota Medan, Taman Hewan ini terletak di pusat kota Pematang Siantar, Pintu masuk berada di jalan Gunung Simanuk-manuk. Lihat Google Maps.


Berkunjung ke taman hewan ini, kita tidak hanya menambah pengetahuan tentang berbagai macam jenis spesies hewan, tapi dapat bersantai dan bermain bersama keluarga dengan suasana alam yang asri dengan aneka pohon dan tanaman. Selamat berakhir pekan...

Taman Hewan Siantar (Siantar Zoo)



Objek wisata seputar Pematang Siantar:
Kebun Teh Sidamanik, Air Terjun Bah Biak di Perkebunan Bah Butong
Batu Gantung di Danau Toba, Parapat
Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun

Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *