Pemandian Sembahe Berastagi, "Surga Kecil" yang Tersembunyi (Bag 1)

Pemandian Sembahe Berastagi adalah nama sebuah sungai tempat pemandian alami terletak di Kampung Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Kampung Mbelin Sembahe terletak ± 800 meter di atas permukaan laut (DPL), luasnya sekitar 300 hektar. Batasnya adalah antara Bingkawan dan Sibolangit.
jembatan gantung yang terdapat di pemandian Bina Mitra Sembahe Berastagi. Di bawah jembatan gantung batu-batu sungai tersusun rapi dan alami
Jembatan gantung yang terdapat di pemandian Bina Mitra Sembahe Berastagi. Di bawah jembatan gantung batu-batu sungai tersusun rapi dan alami. Arus sungai Sembahe sesekali deras dan tenang, warna airnya kehijauan. Khusus kendaraan roda dua yang ingin melintas jembatan Bina Mitra dikenakan tarif sebesar Rp. 5000. /Dok. Setiadi R. Saleh

Pada akhir pekan dan hari-hari libur, Pemandian Sembahe Berastagi ramai sekali dikunjungi. Oleh karena itu,  jika ingin benar-benar merasakan kehadiran “surga kecil” yang tersembunyi datanglah di saat sunyi, hari biasa atau pagi-pagi sekali.

Jika beruntung, pengunjung akan dapat mendengarkan desir air menerpa batu. Kabut halus berselimut terbawa angin. Laba-laba air bermain di dalam arus sungai. Sesekali capung merah mengambil setitik air lalu pergi lagi sesuka hati. Dan biji-biji embun masih melekat di selembar daun yang merekah di pagi hari. Sinar mentari seakan binasa. Sinarnya tidak tembus di antara rimbunan ranting-ranting kayu.
 Bila tidak sedang hujan, air sungai Sembahe sangat jernih dan bening sehingga dasar sungai akan terlihat jelas
Bila tidak sedang hujan, air sungai Sembahe sangat jernih dan
 bening sehingga dasar sungai akan terlihat jelas. Dok/ Setiadi R. Saleh

Dari atas titi gantung kita akan dapat gugusan batu-batu sungai tersusun rapi dan kokoh. Nyiur kelapa dan himpunan batang bambu kuning silih berganti melambai tiada henti. Sungguh mati, di Sembahe Berastagi, udara terasa hidup dan sejuk sekali.


Terdapat tujuh tempat Pemandian Alami di Sembahe Berastagi. Masing-masing tempat dinamakan dengan nama berbeda seperti: Karomah, Bina Mitra, Sayum Sabah dan seterusnya.
sembahe-berastagi-surga-kecil-yang-tersembunyi-sayum-sabah.
Pemandian Sembahe Berastagi, "Surga Kecil" yang Tersembunyi (Bag 1). /Dok. SeMedan.com

Tempat pemandian ini sebenarnya satu aliran sungai saja. Namun, oleh pengelola setempat dibuat semacam kapling atau kaveling (bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu untuk bangunan atau tempat tinggal). Tetapi yang dikapling bukan tanah melainkan sungai yang memiliki titik pemandangan indah dan arus sungainya tidak deras dan dalam. Sehingga cocok untuk tempat berlibur dan mandi-mandi bersama keluarga, kerabat dan tentu saja aman bagi anak-anak.


Halaman 1

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *