Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai

Sejak dibuka 17 Juli 2015 lalu, pantai Cemara Kembar yang berada di Jalan ATP No. 15, Desa Sei Nagalawan, Perbaungan, Serdang Bedagai ramai diperbincangkan di media sosial facebook dan kaskus, khususnya di komunitas Medan dan Sumatera Utara. Tidak sedikit pula liputan media cetak dan online menuliskan keindahan dan keunikan pantai Cemara Kembar. Sayangnya, semua tulisan tersebut bukan liputan langsung melainkan hasil rilis dari situs cemarakembar.com. Hal ini memang tidak salah, tetapi rasanya kurang sah.
Pantai Cemara Kembar. Cukup bayar sekali, Fasilitas pantai seperti Gazebo dan Rumah Adat Gratis! tetapi konfirmasi dulu ke pengelola
Pantai Cemara Kembar. Cukup bayar sekali, Fasilitas pantai seperti Gazebo dan Rumah Adat Gratis! tetapi konfirmasi dulu ke pengelola. /Dok. SeMedan.com

Oleh karena  itu, beberapa hari sebelumnya saya dan kontributor SeMedan.com berencana meliput tentang Cemara Kembar. Berbekal pedoman dari google maps dan GPS, pada Hari Minggu 20 September 2015 saya bergerak menuju Pantai Cemara Kembar melewati kota Perbaungan. Meski sudah ada peta yang dicantumkan situs cemarakembar.com.

Kami ingin merasakan sensasi bepergian “tanpa peta” melainkan “mengembara” mencari teka-teki apa dan mengapa disebut Pantai Cemara Kembar tersebut. Jika memang benar kembar, apanya yang kembar? pantainyakah? cemarakah? atau rasa dan suasana saat bersama dengan orang yang kita sayangi, atau kembar mirip apanya?
ikon perbaungan
Ikon Kota Perbaungan yang semakin menggeliat dengan pembangunan dan prasarana jalan dan wisata pantai dengan gaya pantai Bali yang semakin di perbaharui, tanpa harus meninggalkan budaya lokal (melayu) pesisir pantai. /Dok. SeMedan.com

Sesampainya di simpang pekan Sialang Buah, kami melewati jalan yang agak rusak dan berlubang. Sampai di kota Sialang Buah berbelok ke kiri, sepanjang jalan ada petunjuk menuju ke Pantai Cemara Kembar. kemudian melewati Pantai Nipah kampung mangrove, pantai kelang, pantai romantis (Romance Bay).

Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Perahu Cinta Pantai Cemara Kembar. /Dok. SeMedan.com

Biaya paket masuk ke Pantai Cemara tersedia 2 pilihan paket. Ada paket Rp. 40.000, dan Paket Rp. 99.000 - Perorang, dan untuk anak-anak setengah harga tiket. Gratis pemakaian Gazebo atau Rumah Adat. Asyik kan!

Untuk informasi pemesanan Gazebo atau Rumah Adat hubungi : 0813 7009 9936/Irmawati
Paket Biaya Masuk Pantai Cemara Kembar
Paket Biaya Masuk Pantai Cemara Kembar. /Dok. SeMedan.com

Kemudian kesan pertama saat ke Pantai Cemara Kembar suasana sepi dan lengang. Tidak terlampau banyak orang, pantainya sendiri tidaklah biru seperti pantai-pantai di Aceh. Dan entah mengapa hampir rata-rata sepanjang pantai di Timur Sumatera airnya tidak jernih mulai Pantai Kuala, Pantai Cermin, Pantai Sri Mersing, Pantai Mangrove, Pantai Tengah (sekarang Romantis), Pantai Putra Deli, sampai menuju ke Tanjung Tiram (Baca: Menyusuri Pantai Timur Sumatera Menuju Istana Lima Laras).

Di Pantai Cemara Kembar, pasir-pasir putih menghampar di bibir pantai, tidak ada sampah, semua bersih, toilet bersih, mushalla bersih, rumah-rumah adat terbuat dari bambu dan hanya diikat dengan tali tanpa dipaku, kemudian dahan-dahan cemara yang rimbun, angin yang bertiup tenang, teduh, dan damai terasa di semua sudut. Belum lagi balutan kain-kain berwarna-warni menghiasi pepohonan. Pendek kata, jika kita pergi dengan orang yang kita sayangi. Kita akan merasakan “hati akan bertemu dengan hati,” jiwa akan bertemu dengan jiwa. Inilah mungkin disebut “Cemara Kembar” seperti dua cemara yang berdekatan dalam satu kawasan pantai.


Pantaslah jika Pantai Cemara Kembar, kian hari kian banyak dikunjungi. Selain menawarkan sisi pesona paduan antara berbagai kearifan lokal budaya. Pantai Cemara Kembar memberikan fasilitas gratis untuk kita duduk rehat di rumah-rumah adat (sawung atau dangau) dengan berbagai tema mulai dari Melayu, Kalimantan, Simalungun, Bali, dan lain sebagainya. Kemudian di sekitar pantai terdapat juga hiasan antik dan unik berupa rumah pohon, perahu cinta, gembok cinta, ayunan cinta, dan banyak lagi.

Spot View TerBaik di Pantai Cemara Kembar


Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai
Pantai Cemara Kembar di Perbaungan, Serdang Bedagai

Kini ingatan kita tentang pantai-pantai yang lama di pesisir Timur Sumatera seperti hilang digantikan dengan pantai-pantai baru yang lebih bersih dan terawat rapi.

360° Virtual Tour Pantai Cemara Kembar dengan Navigasi Street View



Pantai Cemara Kembar, Pantai di Adat Sumatera Utara


Pantai Cemara Kembar, pantai pesisir timur Sumatera Utara yang sangat di rekomendasikan oleh SeMedan.com, dari Fasilitas Pantai dan Biaya Paket masuk yang murah, dan cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan.
Berjalan menyusuri Pantai Cemara Kembar, menikmati angin di antara ranting cemara. Rumah-rumah beratap rumbia yang terbuat dari bambu tanpa dipaku
Berjalan menyusuri Pantai Cemara Kembar, menikmati angin di antara ranting cemara. Rumah-rumah beratap rumbia yang terbuat dari bambu tanpa dipaku. Balutan kain kuning-hijau melambai diterba sang bayu. Pendek kata, jika kita pergi dengan orang yang kita sayangi. Kita akan merasakan “hati akan bertemu dengan hati,” jiwa akan bertemu dengan jiwa. Inilah mungkin disebut “Cemara Kembar” seperti dua cemara yang berdekatan dalam satu kawasan. Kita akan merasa mirip satu sama lainnya dengan orang-orang yang kita cintai. /Dok. SeMedan.com


Halaman 3



Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *