Martabak Mini, Jajanan Anak SD Masa Kini

Martabak mini, jajanan anak SD masa kini adalah martabak manis yang dibuat dalam ukuran kecil dan dijual seharga Rp. 1000 rupiah. Antara martabak mini dan martabak manis ukuran besar sebenarnya dari sisi tekstur dan rasa sama saja. Hanya saja dibuat dalam ukuran lebih kecil. Itu sebabnya disebut martabak mini (minimalis), kadang disebut martabak unyil, martabak imut dan martabak kecil.
Martabak unyil
Martabak Unyil. /Dok. jajanpinggiran.blogspot.co.id

Selidik punya selidik, kehadiran martabak mini dikarenakan “mahalnya” harga martabak manis ukuran besar yang seloyang dihargakan Rp. 25.000 s/d Rp. 35.000 dengan toping (penutup atas makanan) taburan parutan keju dan coklat supermaknyus. Rasanya memang enak dan lembut di lidah tetapi sedikit memberatkan di kantong.

Adapun sejak tahun berapa ada martabak mini di Indonesia, tidak diketahui dengan pasti. Tahun 2005 saja, ketika penulis masih tinggal di Bandung, martabak mini sudah dijual orang bersamaan dengan “krepes”, mirip martabak mini tetapi lebih kering dan berkerak.

Kini, di Kota Medan penjual martabak mini sudah ada di mana-mana. Bahkan membuat jaringan sistem kerjasama “frenchise-royalti” yang biasanya berhubungan dengan jajanan khas Bandung.

Baca juga: Jajanan Khas Bandung di Kota Medan

Jangan anggap remeh usaha kuliner martabak mini. Meski seloyang dijual Rp. 1000 rupiah. Tetapi, rata-rata penjual martabak mini bisa menjual 100 potong martabak/hari dengan omset antara Rp. 200.000-300.000 dan profit bersih Rp. 100.000/hari setelah dipotong bea produksi, operasional, dan lain sebagainya. Rp. 100.000 didapat hanya dengan penjualan setengah hari antara jam 07.00 s/d 09.00 (sebelum jam masuk sekolah dan ketika jam istirahat keluar bermain).
Sejumlah anak SD sedang menunggu martabak mini matang dengan pilihan aneka rasa mulai rasa kacang, keju, coklat, kelapa harga tetap sama Rp. 1000
Sejumlah anak SD sedang menunggu martabak mini matang dengan pilihan aneka rasa mulai rasa kacang, keju, coklat, kelapa harga tetap sama Rp. 1000. /Dok. Setiadi R. Saleh

Martabak mini menjadi jajanan anak SD masa kini. Selain, karena murah, enak, dan penyajiannya tidak lama, jajanan martabak mini dapat mengenyangkan. Adapun soal rasa dan selera, martabak mini menyajikan banyak rasa seperti: keju, coklat, kacang, susu, kelapa, dan lain sebagainya.


Berdasarkan keterangan dari penjual martabak mini, “Jangan mencoba resep martabak mini dari internet. Lebih baik belajar sendiri dan tanya langsung kepada pedagang martabak mini supaya lebih jelas.”

Bahan-bahan martabak mini sebagaimana martabak manis, martabak Bangka dan sejenisnya terbuat dari bahan tepung terigu, susu bubuk full cream, gula pasir, telur ayam, mentega, ragi instan,  baking powder, keju, kacang. Selain itu, diperlukan wajan/teflon/loyang khusus ukuran martabak mini. Sekalipun martabak mini jajanan anak SD masa kini, harganya seribu, pembelinya “menyerbu” dari sana-sini. Selamat menikmati, jangan lupa berbagi!

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *