Kebun Teh Sidamanik, Air Terjun Bah Biak di Perkebunan Bah Butong

Kebun Teh ini berada di Perkebunan PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari, di Kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun, Pematang Siantar. Di perkebunan teh Bah Butong terdapat air terjun Bah Biak yang masih sejuk dan asri.
Kebun Teh Sidamanik di Perkebunan Bah Butong
Kebun Teh Sidamanik di Perkebunan Bah Butong. /Dok. SeMedan.com

Kami berangkat dari Medan menuju siantar sekitar 3 jam perjalanan, singgah di tebing tinggi untuk makan siang sekalian jemput sepupu sebagai penunjuk jalan (sempat nyasar juga), Sesudah sampai di Siantar, mobil berbelok kekanan melalui jalur jalan pintas menuju parapat.

Sesampai di persimpangan tiga pertama menuju Sidamanik kami berbelok kekanan, ternyata jalan yang kami lalui jalan terjauh untuk menuju ke perkebunan Bah Butong, untuk memutar balik sudah tidak mungkin karena sudah terlalu jauh masuk ke dalam perkampungan.

Akhirnya setelah tanya ke penduduk setempat, kami harus melalui jalan pintas di tengah kebun teh dengan jalan tanah merah, berbukit dan pada saat itu baru selesai hujan. Petualangan mendebarkan dimulai, rute jalan ini harus dilalui untuk mempersingkat waktu.

Ban belakang mobil beberapa kali buang kekanan dan kekiri, sambil baca doa, jalan terus berbekal pengalaman off road bawa pickup (non 4WD) di perkebunan karet Galang. Sambil lihat istriku komat kamit dan pucat pasi, dan sebentar-sebentar ngelirik ke aku.
berbelok ke kiri melintas di tengah perkebunan teh untuk menuju perkebunan bah butong
Berbelok ke kiri melintas di tengah perkebunan teh untuk menuju perkebunan bah butong. /Dok. SeMedan.com

Ditengah kebun kami bertanya lagi ke seorang mandor kebun agar kami tidak kesasar di tengah perkebunan teh, bapak itu meyarankan ikuti jalur bekas tapak truk pengangkut teh untuk menuju Pabrik Teh Bah Leran (dikoreksi kembali setelah dapat informasi yg akurat, termasuk sejarah kebun teh sidamanik) sambil menunjuk ke arah sebuah tower pemancar nun jauh disana. Dan rata-rata pekerja kebun teh orang jawa.
kami bertanya pada seorang mandor kebun teh agar tidak kesasar ditengah perkebunan
Kami bertanya pada seorang mandor kebun teh agar tidak kesasar ditengah perkebunan. /Dok. SeMedan.com

Walaupun perjalanan agak mendebarkan dengan sebagian kondisi jalan bertanah dan berlumpur, tapi sepanjang jalan kami di suguhi pemandangan kebun teh yang asri dan udara sejuk dataran tinggi yang tidak mungkin didapat di kota Medan.

Ketika sudah hampir sampai diujung perkebunan teh, kami berhenti sejenak karena Zidan hendak buang air kecil dan sambil cari tempat untuk menenangkan diri.
Lokasi ini berseberangan dengan kebun teh bah butong
Lokasi ini berseberangan dengan Kebun Teh Bah Butong. /Dok. SeMedan.com
Di ujung jalan melintasi perkebunan teh sebelum jalan beraspal
Di ujung jalan Melintasi Perkebunan Teh sebelum jalan beraspal. /Dok. SeMedan.com

Akhirnya kami tiba di perkebunan teh Bah Butong untuk menuju air terjun Bah Biak, Sidamanik. Sebelum menuju air terjun kami sempatkan untuk berfoto ria di kebun teh, dilokasi ini udaranya terasa segar dan sejuk.
selamat datang di kebun bah butong
Selamat Datang di Kebun Bah Butong. /Dok. SeMedan.com
Berfoto ria setelah melaui jalan yang berbukit di tengah kebun teh Sidamanik
Berfoto ria setelah melalui jalan yang berbukit di tengah kebun teh Sidamanik. /Dok. SeMedan.com

Video:

Kebun Teh Sidamanik, Bah Butong - Pematang Siantar


Air Terjun Bah Biak di Perkebunan Teh Bah Butong


air terjun bah biak di perkebunan bah butong
Air Terjun Bah Biak di Perkebunan Bah Butong. /Dok. SeMedan.com

Di jalan masuk ada papan penunjuk jalan ke air terjun Bah Butong (Air Tejun Bah Biak), ada dua alternatif jalan untuk menuju ke air terjun (jalur pertama, lihat medanwisata.com), kami melalui jalur baru hanya 1 km ke air terjun dan untuk menghemat waktu, agar tidak kemalaman di perjalanan pulang balik ke Medan.
Jalur pertama 6 km
Jalur pertama 6 km. /Dok. SeMedan.com

Untuk melalui jalur terdekat sesudah jalan masuk ke kebun teh Bah Butong, berbelok kanan di simpang tiga pertama, jalan bertanah (berlumpur kalau hujan) dan berbatu, dan sepanjang jalan ada papan penunjuk ke air terjun dan ada sebuah mesjid untuk singgah jika hendak sholat. Biaya masuk ke lokasi air terjun Rp. 1000, biaya parkir mobil Rp. 10.000.
penunjuk jalan ke air terjun bah biak
Penunjuk jalan ke Air Terjun Bah Biak. /Dok. SeMedan.com
mesjid dengan banyak umbul-umbul saat menuju ke air terjun bah biak
Mesjid dengan banyak umbul-umbul saat menuju ke Air Terjun Bah Biak. /Dok. SeMedan.com

Sesudah sampai di lokasi parkir kami berjalan menuruni anak tangga berjumlah 84 anak tangga dan sesudah menyebrangi sungai kecil dengan jembatan terbuat dari bambu dengan berjalan sekitar 100 meter kami sampai ke lokasi air terjun (lihat video).
pintu masuk ke air terjun bah biak
Pintu masuk ke Air Terjun Bah Biak. /Dok. SeMedan.com
menuruni 84 anak tangga menuju ke air terjun bah biak
Menuruni 84 anak tangga menuju ke Air Terjun Bah Biak. /Dok. SeMedan.com

Video:

Air Terjun Bah Biak di Kebun Teh Sidamanik



Di air terjun airnya dingin dan anak-anak dapat mandi, disediakan kolam oleh penduduk setempat dan dalamnya hanya sedengkul orang dewasa, dan disana tersedia tempat menjual celana boxer untuk basahan kita mandi, dan menjual kaos untuk oleh-oleh dibawa pulang.
kolam untuk anak-anak mandi di air terjun bah biak
Kolam untuk anak-anak mandi di Air Terjun Bah Biak. /Dok. SeMedan.com
warung tempat menjual celana boxer dan kaos untuk oleh-oleh
Warung tempat menjual celana boxer dan kaos untuk oleh-oleh. /Dok. SeMedan.com
Kami pengunjung terakhir yang ditunggu oleh tukang parkir
Kami pengunjung terakhir yang ditunggu oleh tukang parkir. /Dok SeMedan.com

Dan kami adalah pengunjung terakhir yang ditunggu oleh tukang parkir, saran pergunakan sepatu yang bertapak tidak licin karena anak tangga terbuat dari campuran tanah liat, jaga kesehatan dan stamina untuk melakukan perjalanan kesana dan perhatikan, periksa, perawatan kenderaan anda, karena di jalan menuju ke perkebunan teh Sidamanik melewati perkampungan yang minim bengkel untuk kenderaan.

Baca juga:
Batu Gantung di Danau Toba
Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun
Taman Hewan Siantar, Siantar Zoo

Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *