Danau Linting, Gua Emas, Gua Perak, dan 8 Kolam Putri (Bag 1)

Minggu, 8 Desember 2013, tim SeMedan.com melakukan ekspedisi menuju Danau Linting, Gua Emas, Gua Perak,  dan 8 Kolam Putri.
danau-linting-ainya-berwarna-hijau-kebiruan-pertanda-danau-linting-sebenarnya-sangat-dalam.-tidak-berbatas-pagar-antara-tepian-danau-membuat-pengunjung-harus-berhati-hati.-terlebih-bagi-yang-membawa-anak-anak-dan-orang-dewasa-yang-tidak-bisa-berenang.
Danau Linting, ainya berwarna hijau kebiruan pertanda Danau Linting sebenarnya sangat dalam.
Tidak berbatas pagar antara tepian danau membuat pengunjung harus berhati-hati.
Terlebih bagi yang membawa anak-anak dan orang dewasa yang tidak bisa berenang. /Dok. The Dj

Berbekal informasi seadanya, kami bergerak dari Kota Medan menuju tempat wisata Danau Linting. Setelah melewati Patumbak, kemudian perbukitan, sawah hijau lalu perkampungan Talun Kenas, Siguci, Kurajurung, Tiga Johar, Durian IV Mbelang, Gunung Manumpak, dan selanjutnya perkampungan Sibunga-bunga yang berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang. Ada dua Kecamatan Sinembah Tanjung Muda,  yang satu Sinembah Tanjung Muda Hulu, satu lagi Sinembah Tanjung Muda Hilir. Sinembah Tanjung Muda biasa disingkat dengan STM.
danau-linting-dilihat-dari-google-map-danau-linting-adalah-kawah-gunung-manumpak.
Danau Linting dilihat dari Google Map, Danau Linting adalah kawah Gunung Manumpak.

Sepanjang perjalanan, tim SeMedan.com berdiskusi menyusun ulang rencana peliputan tentang Danau Linting, Gua Emas, Gua Perak,  dan 8 Kolam Putri. Sesekali mobil kami melewati jalan berbatu, rusak, dan berlumpur. Syukurlah pemandangan teduh dan hamparan pokok-pokok sawit, perkebunan karet, dan pokok coklat (kakao) menjadi hiburan tersendiri.

Adapun jarak tempuh dari Kota Medan menuju Danau Linting kira-kira 70 km, kurang lebih 2 jam perjalanan. Jangan khawatir tersesat dan menyasar, karena petunjuk ke Danau Linting dapat dengan mudah kita temukan.

Perjalanan ke Danau Linting



Tarif masuk ke lokasi kawasan Danau Linting tidak mahal. Pengunjung hanya membayar Rp 5.000 per orang. Indahnya Danau Linting mengalahkan perasaan misterius yang tiba-tiba menyergap. Rimbunan pokok kayu dan akar yang menjulur ke bawah menambah kesan dramatis, Danau Linting sepertinya sudah berusia tua, tetapi baru sepuluh tahun belakangan ini saja ramai dikunjungi orang.

Diameter Danau Linting tidaklah sebesar Danau Toba di Tapanuli Utara atau sebesar Danau Siombak di Marelan Medan. Tepian Danau Linting tidak berbatas pagar. Jadi, sangat tidak aman bagi anak-anak dan orang dewasa yang tidak pandai berenang. Sedangkan bentuk Danau Linting sendiri adalah bundar, bulat, melingkar seperti sebuah lahan di tengah-tengahnya dipenuhi air dan berbentuk danau.


Dan kalaulah boleh penulis menafsirkan, barangkali dari sini dinamakan Linting karena melinting (melingkar), tergulung. Wajarlah, jika ukuran kedalaman yang sebenarnya tidak pernah diketahui. Sebab, ada lapisan di dalam lapisan, ada kedalaman di dalam kedalaman.
danau-linting-rumah-rih-sinembah-tj-muda-hulu-kabupaten-deli-serdang.
Danau Linting, Rumah Rih, Sinembah Tj. Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang.

Daya tarik Danau Linting adalah warna air danau yang hijau dan kebiruan, mirip seperti batu bacan doko atau palamea. Kadang-kadang hijau, kadang-kadang biru, terkadang pun biru dan hijau, hijau dan biru (perpaduan warna). Jadi, kalau ada yang bertekak (bertengkar) mengenai mana yang betul dari warna air Danau Linting, tidak ada yang benar, karena warna air Danau Linting berubah-ubah.

Keindahan Misteri Danau Linting, Tiga Juhar - Sumut



Rasa takjub bertambah lagi manakala merasakan hangatnya air Danau Linting. Ajaibnya, tidak ada bau belereng di dalam danau ini. Dan tim SeMedan.com pun kembali melanjutkan ekspedisi menyusuri Danau Linting, Gua Tao ( Gua Emas, Gua Perak ),  dan 8 Kolam Putri.


Halaman



Thanks to Tim Xpedisi The Dj:

tim-xpedisi-the-dj.
Mr. Doy (Dblion Duasatudua)
Bembeng Clickers
Yanni Yolla







Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *