Komunitas Apheresis Medan

Komunitas Pendonor Apheresis dibentuk pada tanggal 03 November 2103. Bermula dari keprihatinan para pemuda pemudi Medan dengan keadaan adik-adik pejuang kanker yang membutuhkan pendonor darah khususnya trombosit untuk terus bertahan melawan kanker. Komunitas ini dibuat untuk memudahkan para pasien mendapatkan pendonor sukarela.
komunitas-apheresis-medan.
Komunitas Apheresis Medan

VISI:
  • Membantu para pejuang kanker khususnya dan para pasien kurang mampu yang membutuhkan pendonor secara sukarela.
MISI:
  • Mengumpulkan relawan-relawan untuk bersedia menjadi pendonor siaga untuk adik-adik pejuang kanker.
  • Menjadi sarana/jembatan penghubung antara pendonor dan pasien kanker.
  • Memberi dukungan moril dan materil bagi adik-adik pejuang kanker.

Apa itu Donor Darah Apheresis?


Apheresis itu adalah mesin yang memisahkan komponen darah. Kita tahu bahwa darah kita terdiri dari beberapa komponen didalamnya salah satunya adalah trombosit. Darah pendonor hanya diambil bagian yang diperlukan saja (trombosit), dan sisanya di kembalikan ke tubuh si pendonor.

Donor Darah Apheresis dapat dilakukan dengan interval waktu 3 minggu dari jadwal apheresis pertama. Jadi Donor Apheresis itu adalah Donor Trombosit. Kenapa harus Trombosit. Trombosit adalah keping darah merah yang membantu proses pembekuan darah jika terjadi pendarahan.

Donor darah biasa butuh 10 kantong darah untuk menghasilkan 1 kantong trombosit dan hanya menolong 1 penderita kanker, melalui mesin apheresis satu pendonor bisa menghasilkan 1 atau 3 kantong trombosit dan bisa menolong sekaligus 2 penderita kanker.
pendonor-darah-apheresis.
Pendonor Darah Apheresis.

Jadi siapa sajakah yang membutuhkan donor Apheresis ini? Komunitas Apheresis ini rata-rata mendonor untuk adik-adik pejuang kanker dan mereka yang membutuhkan. Apakah hanya donor Apheresis saja yang kami lakukan? Tidak, kami juga melakukan donor biasa atau sering di sebut PRC (Packet Red Cells) atau WB (Whole Blood).

Jadi teman-teman yang tidak bisa melakukan donor Apheresis jangan berkecil hati karena kita juga bisa melakukan donor biasa. Jika kita tidak bisa donor dua-duanya jadi bagaimana dong? Ya, kita juga bisa membantu dengan cara yang lain.
adik-adik-pejuang-kanker.
Adik-adik Pejuang Kanker.

Apheresis sendiri pada bulan November 2015 nanti akan berusia 2 tahun. Kegiatan komunitas ini selain mendonorkan darahnya ada juga yang namanya Fun Theraphy yang di lakukan setiap bulan di Time Zone Sun Plaza dan hal ini sudah berlangsung sejak awal tahun 2015. Dan setiap minggu juga ada Pekan Gizi, dan jika ada waktu kami sering juga berbagi ilmu dengan keluarga pasien tentang arti pola hidup sehat.

Selain itu, ada juga acara mendadak seperti lomba lukis, telling story dan acara hiburan yang di lakukan oleh teman-teman dari komunitas untuk adik-adik di rumah sakit. Dan semua itu di lakukan karena kepedulian terhadap sesama.

Bulan February 2015 adalah Hari Kanker Anak Sedunia, kami juga melakukan kegiatan bersama dengan teman-teman komunitas salah satunya membagikan pita emas, bunga dan brosur tentang kanker di bundaran Majestic.


Setelah itu kami pun bergerak ke RSU Adam Malik, ada kegiatan Telling Story dari Kampung Dongeng (KaDo Medan), hiburan Akustik dan di akhri dengan pelepasan 100 balon ke udara yang sebelumnya di balon tersebut di tempeli dengan kertas pengharapan dari adik-adik penjuang kanker.

Tidak lupa juga hiburan dari teman-teman cosplay yang memakai costume Iron Man, Naruto dan beberapa tokoh animasi. Dan acara ini menjadi hiburan yang tidak terlupakan oleh mereka.
pekan-ceria-bersama-adik-adik-pejuang-kanker.
Pekan Ceria bersama Adik-adik Pejuang Kanker.

Kid’s Cannot Fight Cancer Alone, itu yang membuat kami terus berbagi dengan adik-adik. Kami berusaha membuat mereka tertawa dan tersenyum. Semoga bermanfaat dan semakin banyak orang terinspirasi untuk menjadi Pendonor Darah Apheresis.

Untuk detailnya bisa mengunjungi group kami di Facebook KOMUNITAS PENDONOR APHERESIS MEDAN.

Kutipan editor:
"Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi.” (Al-Ma`idah: 32)"
Baca juga:
Pemuda Peduli Panti (Triple-P) Medan
Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Penulis: Wilson Budhiyanto
Editor: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *