SAHABAT INDONESIA BERBAGI (SIGi) Reg. MEDAN

Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) adalah sebuah gerakan independen, bebas tidak terikat oleh golongan dan organisasi mana pun. Siapapun yang punya passion dan visi yg sama untuk berbagi kemanfaatan dengan sesama, boleh bergabung.
SAHABAT INDONESIA BERBAGI (SIGi)
SAHABAT INDONESIA BERBAGI (SIGi)

Visi kita, menjadi sebuah gerakan berbagi berbasiskan jaringan pertemanan di seluruh Indonesia yang terus berkelanjutan. Kedepannya akan banyak anak-anak /adik-adik kecil /sahabat-sahabat yang kurang mampu di sekitar tempat tinggal kita yang akan jadi adik asuh kita, yang akan kita bantu sebisa kita. Semua dimulai dari pendidikan.

Gerakan ini sebenarnya bukanlah ide yg baru. Ibaratnya tinggal meneruskan saja tongkat estafet kebaikan ini dari gerakan-gerakan lainnya yang sudah pernah ada, lalu menginspirasi dan meneruskannya ke generasi di bawah kita nantinya.

Program-program SIGi

>> Program Inti seluruh Regional
1. Receh Kahuripan
Receh Kahuripan merupakan program utama SIGi. Menabung dan menyisihkan uang receh 100, 200, 500, 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000, 100.000 di celengan SIGi sambil mengajak sahabat-sahabat lainnya ikut program ini juga, yang nantinya setiap akhir/awal bulan akan dikumpulkan di tempat yang ditentukan. Sasaran donasi program ini yaitu untuk membantu pendidikan anak indonesia yang kurang mampu. Mencegah lebih baik daripada mengobati, pengumpulan receh rutin terlebih dahulu, baru kita tentukan target penyaluran recehnya.

2. Program Gelas Kosong
Terkadang kita harus memposisikan diri seperti gelas yang kosong, siap untuk menerima ilmu-ilmu baru, inspirasi baru, hal-hal positif yang baru. Supaya kita selalu fresh dan bisa kita berikan lagi yang baru-baru tersebut kepada orang lain. Indahnya berbagi. Mari bertumbuh dan berkembang bersama melalui komunitas ini.

Sesi Gelas Kosong ini dilaksanakan pada saat hari pengumpulan RECEH di celengan. Intinya, setiap orang yang datang, kita bisa duduk melingkar, nantinya secara bergilir bergantian, bisa saling curhat/berbagi tentang 3 Hal Positif dalam keseharian hidupnya:
berbagi qoutes, inspirasi positif, dan hikmah dari buku-buku yang dibaca, film yang ditonton, lagu yang didengar, training yang diikuti, pengalaman hidup keseharian, yang bisa diambil hikmah positifnya.
berbagi kesyukuran
berbagi impian, harapan dan cita-cita


>> Program Periodik SIGi
Yang dimaksud program periodik disini adalah kegiatan yang diadakan sesekali sesuai kebutuhan. Diantaranya, kegiatan yang digagas oleh salah satu regional untuk kemudian diikuti oleh regional lain, seperti Gathering Nasional di Makassar pada November 2013 ; atau kegiatan yang digagas secara bersama untuk kemudian diadakan serentak di berbagai regional, seperti Nonton bioskop bareng Hafalan Shalat Delisa bersama anak yatim dan kurang beruntung pada Desember 2011 yang dilaksanakan di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Medan; atau kegiatan wisata/ traveling tiap-tiap regional.

>> Program Unik per Regional
Dalam hal ini, setiap regional diberikan kebebasan untuk membuat program secara mandiri, mengembangkan ide dan kreatifitasnya dalam berbagi kebaikan, baik dengan anak-anak pada khususnya ataupun dengan orang-orang yang kurang beruntung pada umumnya.
Adapun beberapa program yang dilaksanakan di Medan, diantaranya :

1. AMMC – 1 (Anak Medan Mengukir Cerita)
Kegiatan SIGier (sebutan untuk anggota komunitas SIGi) Medan yang bertumpu pada konsep berbagi ilmu. Melalui program AMMC-1 SIGier Medan berbagi ilmu dalam bentuk workshop, seperti menulis, menggambar/ melukis, fotografi, dan sebagainya. Dimana tujuan program ini adalah mencoba mengasah hobi anak-anak yang mungkin terlihat kurang berpotensi.
Sampai saat ini workshop yang telah berjalan adalah workshop menulis pada SD Juara Rumah Zakat. Dan tidak menutup kemungkinan akan diadakan workshop serupa untuk anak-anak lainnya.

2. AMMC-2 (Anak Medan Mengukir Ceria)
Kegiatan ini bertujuan mengajak anak-anak untuk saling berbagi tawa, senyum, kebahagiaan dan keceriaan. Masih dengan sasaran adalah anak-anak yang kurang beruntung, SIGier Medan menawarkan konsep sederhana, dengan berada pada satu lingkungan anak-anak yang kurang beruntung selama 3 bulan. SIGier Medan akan mengajak anak-anak untuk bermain tradisional, berkreatifitas, mendengarkandongeng, nonton bareng dan kegiatan bermanfaat lainnya.
SIGi Medan berkegiatan bersama Anak-anak dari Dian Bersinar Foundation pada AAMC-2 season ke 1 pada Nopember 2013 – Maret 2014, Anak-anak dari SD Al-Wardah Tembung pada AAMC-2 season ke 2 pada Januari – Maret 2015, dan  Anak-anak dari Sekolah Pintar Bagan Percut pada AAMC-2 season ke 3 pada April – Juli 2015.

3. AMMC-3 (Anak Medan Mengukir Cinta)
Kegiatan yang ber-tag-line Cinta ini diusung untuk kegiatan accidental, seperti kepedulian terhadap korban bencana dan kepedulian terhadap pasien kurang mampu yang mengidap penyakit tertentu, bencana alam, dsb.
Melalui kegiatan ini, SIGier Medan yang didukung SIGi seluruh  regional dan beberapa pihak telah berkontribusi pada bencana gempa Aceh, bencana penyerangan di Mesir, dan bencana erupsi gunung Sinabung dan sebagainya.

Mari bersama, bersinergi membangun negeri, menuju Indonesia yang lebih baik.
“Jadilah Orang Hebat Yang Bergerak Ketika Tergerak.”

Think Globally, Act Locally! Let's Move forward!
for a better world..
for a better life..
for a better future!
Salam SIGi.

Penulis: Desi Anggreani
Kutipan Favorit: "Just be your self"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *