Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun - Sumatera Utara

Kawah Putih Tinggi Raja terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang sehingga membentuk bukit kapur putih seperti bukit bukit salju dengan luas mencapai 30 Ha, disisi lain Kawah Putih terdapat sungai dan airnya terasa hangat karena sebagian air sungai berasal dari aliran air panas Kawah putih.
Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun - Sumatera Utara
Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun - Sumatera Utara. /Dok The Dj Production

"Sesampainya dilokasi Wisata Tinggi Raja, kita bisa menikmati pemandian air panas, dengan pemandangan kawah kapur putih, serta danau kecil yang terbentuk dari kawah air panas berwarna putih. DI jalur sungai terdapat stalaktit yang membentuk gua dan kikisan batu karena aliran air panas. Kawah Putih terletak di kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Medan.

Perjalanan ke lokasi wisata ini dapat menggunakan kenderaan sepeda motor atau mobil dengan kelengkapan Off Road, 4WD (gerdang dua), karena kondisi jalan terjal dan berlubang penuh batu kerikil, selama perjalanan anda disuguhi pemandangan alam yang masih asri dan jalan yang berkelok kelok.

Sebaiknya datang ke Kawah Putih sebelum tengah hari, ketika hari makin siang genangan air akan semakin panas karena terik matahari, dan bawa persediaan makanan dan minuman, di lokasi Kawah Putih anda tidak akan menemukan rumah makan hanya warung warung kecil dengan tenda biru, dan disana anda akan mudah mengalami dehidrasi karena uap panas dari bumi dan terik matahari.

Mitos membawa makanan dilokasi wisata ini menurut penduduk setempat, sebaiknya makanan yang dibawa bagi teman non muslim jangan yang mengandung daging babi. Karena dapat menurunkan hujan di kawasan itu. Anda dapat merebus telur di genangan air panas kawah, dan jika jumlah telur yang direbus berkurang, anda tidak perlu heran atau marah kepada teman anda karena menurut mitos, telur diambil oleh Penunggu Kawah Putih.


Jika anda berjalan menyusuri sungai ke hulu, berkisar hampir 1 jam anda akan bertemu dengan air terjun yang besar dan sangat deras. Jika anda ke hulu sebaiknya minta bantuan pemandu karena jalan tersebut hutan belantara yang tidak ada jejak lintas kaki. Jika anda ke arah utara juga bisa temukan air terjun yang berasal dari mata air tapi harap hati-hati, pemilik ladang sedikit galak.
Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun - Sumatera Utara
Road to Kawah Putih, Tinggi raja, Simalungun, Sumatera Utara. /Dok. The Dj Production

Disana juga terdapat rawa yang sangat jarang dikunjungi manusia karena ke Anehannya. Ditengah hutan juga terdapat pepohonan yang dipenuhi tumbuhan yang sangat gatal (lebih dahsyat lagi dari pohon rengas) dan dilarang masuk makanya dinamakan hutan terlarang.

Keindahan Kawah Putih dapat disandingkan dengan keindahan Kawah Putih Ciwidey di Bandung, Tetapi Akses jalan menuju Kawah Putih sangat rusak dan kurang mendapat perhatian. Lokasi Wisata Kawah Putih sulit berkembang karena berbenturan dengan status cagar alam.

Dolok Tinggi Raja ditetapkan sebagai cagar alam dengan keputusan Zelfbestuur Besluit (ZB) Nomor 24 Tanggal 16 April 1924. Hingga sekarang, kawasan ini masih berstatus cagar alam.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini anda bisa menggunakan jasa pemandu wisata atau agen perjalanan yang ada di Kota Medan, Karena sampai saat ini belum ada kenderaan umun menuju ke kawasan ini.

Baca juga: Legenda Batu Gantung di Danau Toba, Parapat.

Kawah Putih, Tinggi Raja, Simalungun, Sumatera Utara.



Referensi:
  • Wikipedia
  • The Dj (Road to Kawah Putih)
  • The Dj Production
Penulis: M. Sahidin
Kutipan Favorit: "Hanya orang miskin, sepeda bototpun tidak punya"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *